Kouta Hirano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kouta Hirano

Kouta Hirano (平野耕太; lahir di Adachi-ku, Tokyo, Jepang, 14 Juli 1973; umur 41 tahun) adalah seorang mangaka Jepang. Ia memulai kariernya sebagai asisten mangaka yang kemudian beralih menjadi mangaka penuh. Sukses pertamanya datang dari manga Hellsing, yang telah dimulai sejak tahun 1997 dan diserialkan di majalah manga bulanan Jepang Young King OURs.

Sebenarnya, sebelum memulai Hellsing, Hirano telah membuat cukup banyak karya-karya lain. Yang cukup menarik adalah The Legends of Vampire Hunter, yang hanya terdiri dari satu bagian dan merupakan prekuel dari Hellsing serta memuat cameo dari beberapa karakter Hellsing seperti Alucard dan Seras Victoria.

Karya-karya lama dari Kouta Hirano sendiri kini banyak dianggap sebagai benda kolektor karena terbatasnya jumlah karya lama tersebut yang tersedia di pasaran. Namun, banyak orang yang masih memburu karya lama tersebut karena kebanyakan dari karya lamanya memuat informasi terhadap karakter-karakter yang kini ada di Hellsing (contoh: masa lalu Mayor yang sedikit dijelaskan di manga Coyote namun sama sekali tidak pernah disebutkan di Hellsing).

Kini, ia masih sibuk melanjutkan Hellsing serta ikut campur terhadap pembuatan anime Hellsing OVA yang ditangani oleh Yasuyuki Ueda, yang juga sempat menangani seri televisi Hellsing yang ditayangkan pada tahun 2001. Ia beberapa kali menghadiri konvensi anime di Amerika untuk mempromosikan Hellsing OVA seperti Anime Expo pada tahun 2005, serta Otakon dan Anime Vegas pada tahun 2006.

Hirano memiliki sebuah situs web yang tidak banyak diketahui oleh orang-otang karena ia menggunakan sistem referensi yang ketat sehingga tidak semua orang dapat dengan mudah menemukannya. Hal ini terjadi semenjak tragedi 2ch. Di dalam BBS (semacam forum) situs webnya, ia banyak menuliskan tentang ide-ide yang ia miliki dan mendiskusikannya dengan orang-orang yang berhasil masuk ke dalam situs webnya. Ia juga memiliki sebuah buku harian di situs webnya, yang kebanyakan menceritakan tentang kejadian atau hal lucu yang ia temukan sehari-hari.

Ia sering secara tiba-tiba menghilangkan situs webnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu apabila ia merasa sudah terlalu banyak orang yang memasuki situs webnya. Kalau sudah begitu, butuh waktu beberapa bulan sampai alamat situs webnya yang baru bisa ditemukan lagi. Oleh sebab itulah maka kebanyakan orang yang mengetahui situs web Hirano menjaga alamat situs web itu agar tidak sampai tersebar kecuali melalui referensi. Sampai sekarang, ia sudah 5 kali mengganti alamat situs web, dan situs webnya yang sekarang adalah situs web ke-6 yang ia miliki.

Daftar Karya[sunting | sunting sumber]

Karya yang telah berbentuk komik[sunting | sunting sumber]

  1. Tahun 1998、Young King Comics, ISBN 4-7859-1870-5.
  2. Tahun 1999、Young King Comics, ISBN 4-7859-1958-2.
  3. Tahun 2000、Young King Comics, ISBN 4-7859-2047-5.
  4. Tahun 2001、Young King Comics, ISBN 4-7859-2125-0.
  5. Tahun 2003、Young King Comics, ISBN 4-7859-2286-9.
  6. Tahun 2003、Young King Comics, ISBN 4-7859-2373-3.
  7. Tahun 2004、Young King Comics, ISBN 4-7859-2499-3.
  8. Tahun 2006、Young King Comics, ISBN 4-7859-2666-X.

Karya yang diserialkan di majalah[sunting | sunting sumber]

Karya yang ditujukan kepada pengarang lain[sunting | sunting sumber]

Karya berikut dapat berupa doujinshi ataupun pin-up yang digambar oleh Hirano dengan menggunakan karakter milik orang lain.

Dragon Ball (Kamesennin).
Berupa artwork, ditemukan di Dragonball Kanzenban.
Tales of Phantasia
Berupa artwork, ditemukan pada buku artbook Tales of Phantasia.
Genshiken (Madarame)
Berupa artwork, ditemukan di Project G (booklet spesial yang diterbitkan terbatas bersama komik Genshiken nomor 6).
One Piece
Berupa doujinshi, ditemukan di UFO keluaran Guy-ya.
Gundam X
Berupa doujinshi, ditemukan di Amusement Anthology edisi 24.
Evangelion
Berupa doujinshi, ditemukan di Amusement Anthology edisi 26.
Berupa doujinshi, ditemukan di Evangelion Anthology Traitorous Angel I.
Berupa doujinshi, ditemukan di Evangelion Anthology Traitorous Angel II.

Tahukah Anda?[sunting | sunting sumber]

  • Hirano memiliki kebiasaan untuk mengerjakan karyanya di rumah sambil menonton TV kabel, atau di cafe yang buka 24 jam di dekat rumahnya. Jam kerjanya biasa berkisar dari malam hari hingga subuh.
  • Hirano pernah berkata di website pribadinya bahwa ia hendak menjadi komikus sepanjang hidupnya.