Kontak berjangka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Di bidang keuangan, Kontrak berjangka (lebih bahasa sehari-hari) adalah kontrak berjangka standar, perjanjian hukum untuk membeli atau menjual sesuatu dengan harga yang telah ditentukan pada waktu tertentu di masa depan, antara pihak-pihak yang tidak saling kenal. Aset yang ditransaksikan biasanya berupa komoditas atau instrumen keuangan. Harga yang telah ditentukan para pihak untuk membeli dan menjual aset dikenal sebagai harga ke depan. Waktu yang ditentukan di masa mendatang, yaitu saat pengiriman dan pembayaran terjadi hingga dikenal sebagai tanggal pengiriman . Karena itu adalah fungsi dari aset yang mendasarinya, kontrak berjangka adalah produk derivatif.

Kontrak dinegosiasikan di bursa berjangka, yang bertindak sebagai pasar antara pembeli dan penjual. Pembeli kontrak dikatakan sebagai pemegang posisi panjang, dan pihak penjual dikatakan sebagai pemegang posisi pende. Karena kedua belah pihak mempertaruhkan pihak lawannya pergi jika harga bertentangan dengan mereka, kontrak dapat melibatkan kedua belah pihak dengan margin nilai kontrak dengan pihak ketiga yang saling dipercaya. Misalnya, dalam perdagangan berjangka emas, margin bervariasi antara 2% dan 20% tergantung pada volatilitas spotpasar.

Kontrak berjangka pertama dinegosiasikan untuk komoditas pertanian, dan kontrak berjangka selanjutnya dinegosiasikan untuk sumber daya alam seperti minyak. Futures finansial diperkenalkan pada tahun 1972, dan dalam beberapa dekade terakhir, futures mata uang, futures suku bunga dan futures indeks pasar saham memainkan peran yang semakin besar di pasar futures keseluruhan. Bahkan organ masa depan telah diusulkan untuk meningkatkan pasokan organ transplantasi yang sangat dibutuhkan.

Penggunaan asli kontrak berjangka adalah untuk mengurangi risiko pergerakan harga atau nilai tukar dengan memungkinkan para pihak untuk menetapkan harga atau tarif di muka untuk transaksi di masa depan. Ini bisa menguntungkan ketika (misalnya) suatu pihak mengharapkan untuk menerima pembayaran dalam mata uang asing di masa depan, dan berharap untuk menjaga terhadap pergerakan mata uang yang tidak menguntungkan dalam interval sebelum pembayaran diterima.

Namun, kontrak berjangka juga menawarkan peluang untuk spekulasi bahwa seorang pedagang yang memperkirakan bahwa harga suatu aset akan bergerak ke arah tertentu dapat berkontraksi untuk membeli atau menjualnya di masa depan dengan harga yang (jika prediksi itu benar) akan menghasilkan sebuah keuntungan.[1]

  1. ^ https://archive.org/details/derivativescompr00ARDI