Konferensi Waligereja Turki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konferensi Waligereja Turki adalah pertemuan komite para uskup Katolik di Turki dari berbagai gereja ritual. Itu adalah anggota Dewan Konferensi Waligereja Eropa (CCEE), dan anggota tamu Konferensi Waligereja Eropa Tenggara.

Umat Katolik di Turki[sunting | sunting sumber]

Keuskupan ritus Latin di Turki

Umat ​​Katolik berjumlah 33.500 dari 130.000 orang Kristen di Turki. Sebagian besar adalah anggota Gereja Ortodoks Oriental, dengan jumlah yang lebih kecil adalah anggota Gereja Ortodoks Timur dan bahkan lebih sedikit Protestan Injili. Umat Katolik Roma atau Katolik Ritus Latin diwakili oleh para Vikaris Apostolik di Istanbul dan Iskenderun dan seorang Uskup Agung di Izmir. Umat Katolik Armenia memiliki seorang Uskup Agung di Istanbul, umat Katolik Syria memiliki seorang Eksark Patriarkal di Istanbul, Katolik Kasdim memiliki seorang Uskup Agung di Diyarbakir, dan umat Katolik Yunani memiliki seorang Eksark Apostolik di Istanbul.

Anggota Konferensi Waligereja[sunting | sunting sumber]

Konferensi Waligereja Turki memiliki tujuh anggota:

Anggota adalah:

Komisaris Hak Asasi Manusia[sunting | sunting sumber]

Atas permintaan Konferensi Waligereja Turki adalah Dr Otmar Oehring (Misi "misionaris" di Aachen) untuk mengadvokasi gereja-gereja Katolik di Turki, banding. Dalam peran ini dia duduk di Konferensi Waligereja Eropa (CCEE) dan lembaga-lembaga Eropa untuk kepentingan dan hak mereka.

Ketua[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]