Komárno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Slowakia yang menunjukkan letak Komárno

Tentang suara ini Komárno (bahasa Hongaria: (Rév)komárom, bahasa Jerman: Komorn, bahasa Serbia: Коморан/Komoran) ialah sebuah kota yang terletak di bantaran Sungai Váh dan Donau, Slowakia. Menyusul Perang Dunia I, perbatasan Cekoslowakia yang baru diciptakan ditetapkan sepanjang Sungai Donau yang membagi bagian utara dan selatan kota. Bagian yang kecil, didasarkan pada bekas pinggiran Újszőny (di sisi sungai yang lain), sekarang ada di Hongaria (kota Komárom sekarang).

Komárno

Komárno berpenduduk 37.000 jiwa (1991). Kota ini adalah pelabuhan sungai penting di Slowakia. Di sini banyak ditemukan minoritas Hongaria.

Sebagian besar tempat bersejarah dan budaya, termasuk pusat kota bekas Komárno, terlestari baik dan masih ada sampai sekarang. Balai kabupaten dan kota, gedung pengadilan, Gereja St. Andreas, Museum Donau, dan sejumlah bangunan lain adalah contoh dari sejumlah struktur bersejarah yang masih berdiri sampai sekarang. Lapangan Klapka (dinamai menurut György Klapka, jenderal Hongaria yang mempertahankan Komárno dari Austria dalam Perang Kemerdekaan) dan sisa-sisa bangunan benteng yang masih lestari merupakan monumen bersejarah utama di Komárno yang melambangkan kebanggaan dan kegembiraan kota penting bersejarah ini. Lapangan Eropa yang dibangun pada tahun 2001 adalah daerah serupa Disney di pusat kota, yang bertujuan mewakili bangunan dari seluruh Eropa. Fungsi bangunan itu adalah untuk toko dan restoran.

Tokoh terkenal[sunting | sunting sumber]

Oraşe înfrăţite[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]