Sungai Donau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Donau)
Langsung ke: navigasi, cari

Sungai Donau (Bahasa Jerman Donau, Bahasa Bulgaria Дунав (Dunav), Bahasa Inggris Danube, Bahasa Yunani Ister, Bahasa Hungaria Duna, Bahasa Kroasia Dunav, bahasa Latin Danuvius atau Danubius, Bahasa Romania Dunărea, bahasa Serbia Дунав , Bahasa Slowakia Dunaj, Bahasa Ukraina Dunay), adalah sungai terpanjang di Eropa setelah Sungai Volga.

Peta sungai Donau di Eropa

Nama "Donau" dipinjam dari bahasa Belanda dan bahasa Jerman.

Sungai ini adalah satu-satunya sungai Eropa yang besar yang mengalir dari barat ke timur. Sumbernya berada di Jerman di Hutan Hitam (Schwarzwald). Panjang sungai ini adalah sekitar 2.850 km, menuju Laut Hitam di Rumania, terletak di delta Donau.

Karena cukup lebar dan dalam, Sungai Donau dipakai untuk lalu-lintas kapal barang yang penting. Di bagian hulu, di wilayah Jerman, telah dibangun terusan yang menghubungkannya dengan Sungai Rhein melalui Sungai Main.

Secara keseluruhan terdapat sepuluh negara yang dilaluinya: Austria, Bulgaria, Kroasia, Jerman, Hongaria, Moldavia, Slowakia, Rumania, Ukraina, Serbia, dan memiliki anak sungai di tujuh negara lainnya. Sungai ini mengalir melalui kota-kota berikut:

Setelah selesai dibangunnya kanal Rhein-Main-Donau pada tahun 1992, sungai ini menjadi bagian daripada jalan air dari Rotterdam di Belanda di tepi Laut Utara sampai Sulina di tepi Laut Hitam (3.500 km).

Pada tahun 1999, transportasi di sungai ini dipersulit dengan dibom tiga jembatan oleh NATO di Serbia. Pembersihannya baru selesai pada tahun 2002.

Sungai Donau juga merupakan judul sebuah waltz oleh komponis Austria Johann Strauss, An der schönen, blauen Donau (Di tepi sungai Donau yang indah dan biru).