Kipasan bukit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Kipasan bukit
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Rhipiduridae
Genus: Rhipidura
Spesies: R. euryura
Nama binomial
Rhipidura euryura
Müller, 1843


Kipasan bukit (bahasa Latin: Rhipidura euryura) adalah spesies burung dari keluarga Rhipiduridae, dari genus Rhipidura. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga, laba-lab dan memiliki habitat di hutan pegunungan, hutan sekunder.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Kipasan bukit memiliki tubuh berukuran sedang (18 cm). Tubuh bagian atas biru abu-abu gelap seragam. Alis putih lebar. Ekor abu-abu gelap, dengan ujung putih lebar pada bulu terluar. Tenggorokan dan dada abu-abu buram. Perut dan tungging putih. Iris coklat, paruh hitam, kaki hitam. Penghuni hutan yang lincah. Hidup sendiri atau berpasangan. Sering bergabung dengan kelompok campuran. Berpindah-pindah pada lapisan tengah tajuk pohon. Tidak sesibuk dan sesering memamerkan ekor dibanding Kipasan lain.

Burung ini membuat sarang berbentuk cawan halus, dari akar-akar halus, direkatkan dengan jaring laba-laba, pada dahan melintang atau tumbuhan merambat. Telur berwarna keputih-putihan, bercincin bintik-bintik abu-abu dan coklat, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Mei-Juni.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Jawa.

Referensi[sunting | sunting sumber]