Kerudung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perempuan memakai kerudung di Alanya, Turki

Kerudung adalah semacam selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut perempuan. Kerudung bisa dipakai karena berbagai tujuan, seperti demi kehangatan, untuk kebersihan, untuk fashion atau jatidiri unik; dengan alasan keagamaan, menyembunyikan kebotakan, demi kesopanan, atau alasan-alasan lainnya.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Kerudung dapat menjadi sesuatu yang berhubungan dengan keagamaan. Perempuan Yahudi Ortodoks yang sudah menikah, misalnya, diwajibkan untuk menutupi rambut mereka, seringkali menggunakan kerudung yang dikenal dengan nama tiche atau snood, sesuai dengan aturan kesopanan tzniot.

Kerudung dulunya dipakai juga oleh perempuan Kristen yang telah menikah di Eropa abad pertengahan, bahkan dipakai juga oleh perempuan yang belum menikah. Kebiasaan menutupi rambut ini disebut wimple dalam Bahasa Inggris.

Wimple abad ke-16.
Elizabeth II memakai kerudung jenis babushka saat bertemu dengan Ronald Reagan, 1982.

Kerudung dan jilbab paling umum dikenakan oleh perempuan Muslim. Pakaian Islam antara lain burqa, chador, niqab, dupatta, dan lain-lain. Kata hijab dalam Bahasa Arab, yang merujuk pada perilaku dan pakaian santun, seringkali digunakan untuk menjelaskan kerudung yang dipakai oleh perempuan Muslim.


Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]