Kerajaan Kuala Batee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ekspedisi Amerika Serikat di Pelabuhan Kuala Batu, Kerajaan Kuala Batee

Kerajaan Kuala Batee merupakan bagian dari salah satu kehulubalangan Kesultanan Aceh di daerah yang sekarang disebut Aceh Barat Daya.[1]

Bangunan benteng Kuala Batee dan Pelabuhan Kuala Batu yang sempat diserang Amerika Serikat akibat politik dagang pada tahun 1832 dibangun ketika Kerajaan tersebut dipimpin atau di bawah pemerintahan Raja Cut Ampon Tuan pada tahun 1785. Dalam masa ini pula, Kuala Batee meraih kejayaannya hingga berhasil mencetak mata uang sendiri sebagai alat tukar yang sah.[2]

Raja Cut mempunyai permaisuri Puteri Anjung Bulan yang menikah pada abad 16 yang merupakan anak dari Raja Kuala Batu, sehingga Raja Cut diangkat menjadi Raja Kuala Batu.

Lokasi kerajaan yang dikisahkan dalam cerita masyarakat Aceh Barat Daya berada di Kecamatan Kuala Batee berbatasan dengan Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya sekarang.

Kerajaan Kuala Batee sebenarnya pecahan dari Kerajaan Lama Muda yang merupakan lanjutan dari Kerajaan Lama Tuha, karena Kerajaan Lama Tuha Hancur diterjang banjir pada pertengahan abad 18 (1740 M). Kerajaan ini berakhir pada tahun 1832 disebabkan sebuah serangan oleh sebuah ekspedisi militer Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan bersejarah[sunting | sunting sumber]

Benteng Kuala Batee ditemukan di kawasan Lama Muda. Selain berfungsi sebagai benteng pertahanan ketika diserang musuh (penjajah), benteng ini juga digunakan sebagai kantor pusat pengendalikan pemerintahan oleh raja. Mungkin akibat termakan usia dan belum terjadinya pemugaran, situs benteng Kuala Batu sudah mulai rusak dan hancur.[3][3]

Keruntuhan[sunting | sunting sumber]

Kerajaan Kuala Batee hancur setelah diserang angkatan laut Amerika Serikat pada tahun 1832.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Corn, Charles (1999). The scents of Eden: a history of the spice trade. New York: Kodansha America. ISBN 1-56836-249-8.
  • Johnson, Robert Erwin (1980). Thence round Cape Horn. New York: Ayer Publishing. ISBN 0-405-13040-6.
  • Meacham, Jon (2008). American lion: Andrew Jackson in the White House. New York: Random House. ISBN 1-4000-6325-6.
  • Warriner, Francis (1835). Cruise of the United States frigate Potomac round the world: during the years 1831-34. New York: Leavitt, Lord & Co.
  1. ^ Rozal Nawafil
  2. ^ http://en.wikipedia.org/wiki/First_Sumatran_expedition
  3. ^ a b Nawawi
  4. ^ http://en.wikipedia.org/wiki/First_Sumatran_expedition