Kepulauan Pasifik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kepulauan Pasifik mempunyai sekitar 20.000 hingga 30.000 pulau; jumlah sebenarnya tidak diketahui. Pulau-pulau tersebut kadang-kadang dinamakan Oseania, dan secara tradisional digolongkan menjadi tiga grup: (1) Melanesia, (2) Mikronesia, dan (3) Polynesia.

Melanesia artinya kepulauan hitam. Pulau-pulau yang masuk kategori ini ialah New Guinea (pulau Pasifik terbesar yang dibagi menjadi negara Papua Nugini dan provinsi Irian Jaya milik Indonesia), Kaledonia Baru, Vanuatu, Fiji, dan Kepulauan Solomon.

Mikronesia artinya kepulauan kecil. Pulau-pulau yang masuk kategori ini berupa Marianas, Guam, Palau, Kepulauan Marshall, Kiribati, Nauru, dan Mikronesia.

Polinesia artinya kepulauan yang banyak jumlahnya. Pulau-pulau yang masuk kategori ini ialah Selandia Baru, Kepulauan Hawaii, Atol Midway, Samoa, Samoa Amerika, Tonga, Tuvalu, Kepulauan Cook, Polynesia Perancis, dan Pulau Easter.

Ada juga pulau-pulau lain yang terletak di Samudra Pasifik, namun mereka tidak tergolong sebagai bagian dari Oseania. Pulau-pulau tersebut ialah Kepulauan Galapagos milik Ekuador; Kepulauan Aleutia di Alaska; Sakhalin dan Kepulauan Kuril milik Rusia; negara pulau Jepang, yang mencakup Kepulauan Ryukyu; Taiwan; Filipina; Kepulauan Laut China Selatan; dan kebanyakan pulau di Indonesia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]