Kepulauan Pasifik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kepulauan Pasifik terdiri dari sekitar 20.000 hingga 30.000 pulau yang terletak di Samudra Pasifik ; jumlah sebenarnya tidak diketahui. Pulau-pulau tersebut kadang-kadang dinamakan Oseania, dan secara tradisional digolongkan menjadi tiga kelompok kepulauan : (1) Melanesia, (2) Mikronesia, dan (3) Polynesia.

Melanesia artinya kepulauan hitam. Pulau-pulau yang masuk kategori ini ialah New Guinea , Kaledonia Baru, Vanuatu, Fiji, dan Kepulauan Solomon.

Mikronesia artinya kepulauan kecil. Pulau-pulau yang masuk kategori ini adalah Kepulauan Mariana , Guam, Palau, Kepulauan Marshall, Kiribati, Nauru, dan Mikronesia.

Polinesia artinya kepulauan yang banyak jumlahnya. Pulau-pulau yang masuk kategori ini ialah Selandia Baru, Kepulauan Hawaii, Atol Midway, Samoa, Samoa Amerika, Tonga, Tuvalu, Kepulauan Cook, Polynesia Perancis, dan Pulau Easter.

Ada juga pulau-pulau lain yang terletak di Samudra Pasifik, namun mereka tidak tergolong sebagai bagian dari Oseania. Pulau-pulau tersebut ialah Kepulauan Galapagos milik Ekuador; Kepulauan Aleutia di Alaska; Sakhalin dan Kepulauan Kuril milik Rusia; negara pulau Jepang, yang mencakup Kepulauan Ryukyu; Taiwan; Filipina; Kepulauan Laut China Selatan; dan kebanyakan pulau di Indonesia.

Daftar Pulau[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar kepulauan dan pulau besar di Kepulauan Pasifik :

Lihat pula[sunting | sunting sumber]