Kelotok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah kelotok yang melintas di sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin.

Kelotok adalah perahu bermotor yang terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dengan menggunakan mesin berbahan bakar diesel/solar.

Fungsi Kelotok[sunting | sunting sumber]

Kota Banjarmasin sendiri diberi julukan dengan kota "Seribu Sungai". Hal tersebut tidak terlepas dengan kebudayaan masyarakatnya yang sangat dekat dengan sungai. Di masa lalu, kelotok digunakan sebagai sarana transportasi utama sebelum adanya jalur transportasi darat. Selain sebagai sarana transportasi, kelotok juga digunakan untuk berdagang. Namun, seiring berkembangnya zaman fungsi kelotok sudah mulai ditinggalkan. Masyarakat sudah tidak menggunakan jalur transportasi air sejak munculnya alat transportasi darat.[1]

Saat ini kelotok juga dimanfaatkan sebagai sarana wisata unik di Kalimantan. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara ingin merasakan sensasi menyusuri sungai dengan kelotok. Kelotok wisata semaikn diminati wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam serta kehidupan masyarakat di tepian sungai Kalimantan.[2]


  1. ^ Media, Kompas Cyber (2014-02-11). ""Taksi Kelotok" Semakin Ditinggalkan Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-09-10. 
  2. ^ Syahrial, Fauzi (2023-11-14). "Menyusuri Sungai Dengan Kelotok, Transportasi Khas Kalimantan Halaman all". supersell.id. Diakses tanggal 2023-11-16.