Keju Salers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Salers
Negara asal Perancis
Wilayah Cantal
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Tidak
Tekstur Keras
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan 1 bulan - 1 tahun
Sertifikasi AOC[1]
Keju Salers diproduksi dengan menggunakan susu dari sapi jenis Salers.

Salers atau Fourme de Salers adalah keju Perancis yang berbentuk silinder tinggi dan dibuat dengan susu sapi mentah.[1] Keju ini diproduksi di daerah Cantal serta di 41 desa di departemen Aveyron, Correze, Haute-Loire, dan Puy de Dome.[1] Nama Salers sendiri berasal dari sebuah kota yang berlokasi di pegunungan di Cantal.[1] Untuk membuat keju Salers, susu yang digunakan hanyalah susu dari sapi Salers.[2] Keju Salers memiliki ribuan tungau pada permukaannya.[1] Kulit dari keju ini tebal seperti batu dan memiliki warna kuning kecoklatan.[3] Bagian dalam dari keju Salers berwarna kuning dan memiliki harum seperti bunga dandelion.[3] Rasa keju ini sangat tajam, gurih serta memiliki rasa kacang dan bawang bombay mentah.[3] Keju Salers umumnya dikonsumsi setelah makan.[1] Buah apel dan anggur cocok dimakan bersama dengan keju ini.[1] Selain itu, keju Salers juga digunakan untuk dipanggang dan untuk membuat sup dan saus.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 258-259.
  2. ^ (Inggris) Salers Cheese, Practically Edible. Diakses pada 30 Mei 2010.
  3. ^ a b c (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 41.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]