Kayak (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kayak
Asal Belanda
Genre Progressive Rock
Tahun aktif 19721982
1999–sekarang
Label Smh Records Nl
Situs web www.kayakonline.nl
Anggota Ton Scherpenzeel
Pim Koopman
Rob Vunderink
Joost Vergoossen
Edward Reekers
Monique van der Ster
Cindy Oudshoorn
Jan van Olffen
Mantan anggota Max Werner
Cees van Leeuwen
Bert Veldkamp
Charles Schouten
Theo de Jong
Peter Scherpenzeel
Irene Linders
Katherine Lapthorn
Johan Slager
Marc Stoop
Rob Winter
Bert Heerink

Kayak adalah grup musik beraliran symphonic rock (rock simfoni) asal kota Hilversum, Belanda. Lagu "Ruthless Queen" merupakan lagu dari kelompok ini yang sempat masuk anak tangga lagu di Belanda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masa awal[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal Kayak berasal dari grup musik Balderdash (1967) dan High Tide Formation (1970) yang didirikan Ton Scherpenzeel (kibor) dan Pim Koopman (drum). Gitaris Johan Slager bergabung beberapa saat sebelum High Tide Formation bubar pada tahun 1971. Setelah bertemu dengan Max Werner di Akademi Musik Hilversum, grup Kayak didirikan tahun 1972 dengan tambahan pemain bass Jean Michel Marion. Setelah Marion mengundurkan diri, posisinya digantikan Cees van Leeuwen.

Dua album pertama mereka, See See the Sun dan Kayak II cukup sukses di dalam negeri. Lagu-lagu terkenal dari kedua album tersebut adalah "Lyrics", "Mammoth", dan "Wintertime". Pada tahun 1974, pemain bass Cees van Leeuwen mengundurkan diri karena kesibukan kuliah dan digantikan Bert Veldkamp. Dengan formasi baru, Kayak merekam album ketiga berjudul Royal Bed Bouncer. Album Royal Bed Bouncer menghasilkan singel "Chance for a Lifetime".

Mantan pemain bass Cees van Leeuwen pernah menjabat Menteri Negara Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains (2002-2003) dalam Kabinet Balkenende I sebagai wakil partai Lijst Pim Fortuyn.

Puncak kesuksesan[sunting | sunting sumber]

Seusai rekaman album ke-4 The Last Encore, Koopman dan Veldkamp mengundurkan diri. Di akhir tahun 1976, posisi Pim dan Bert diisi Charles Schouten dan Theo de Jong. Bersama Schouten dan de Jong, Kayak merekam album Starlight Dancer yang melahirkan singel berjudul sama. Lagu "Starlight Dancer" adalah salah satu lagu paling terkenal dari kelompok ini, dan sempat masuk tangga lagu Belanda di urutan ke-14. Setelah sukses, kelompok ini kembali kehilangan pemain drum dan bass setelah anggotanya, Charles Schouten dan Theo de Jong mengundurkan diri.

Vokalis Max Werner beralih memainkan drum setelah bergabungnya vokalis Edward Reekers. Selain itu, Kayak mendapat tambahan 3 anggota baru, pemain gitar bass Peter Scherpenzeel, penyanyi latar Katherine Lapthorn dan Irene Linders (wartawan sekaligus istri Ton Scherpenzeel). Dengan formasi baru, mereka merekam album Phantom of the Night. Album tersebut sukses dengan lagu "Phantom of the Night" yang menduduki urutan ke-6 tangga lagu Top 40 Belanda. Album Phantom of the Night terjual lebih dari 100 ribu keping di Belanda dan mendapat penghargaan piringan platina.

Album mereka yang berikutnya direkam di Los Angeles dan diberi judul Periscope Life (1980). Pada tahun yang sama, musik karya Ton Scherpenzeel dan Kayak dijadikan lagu tema untuk film Spetters karya sutradara Paul Verhoeven.

Tahun berikutnya (1981), Kayak menciptakan rock opera yang dikemas dalam album Merlin. Walaupun tidak sukses secara komersial, album tersebut menandai kembalinya kelompok ini ke aliran musik progressive rock. Setelah album Merlin, Max Werner mengundurkan diri untuk berkarier solo, dan sukses di Jerman dengan singel Rain in May. Tanpa vokalis latar Irene Linders dan Katherine Lapthorn yang juga mengundurkan diri, Kayak merilis album semikonser berjudul Eyewitness yang direkam secara live di studio dan bukan di hadapan penonton. Album ini adalah album terakhir mereka sebelum bubar pada tahun 1981.

Setelah Kayak bubar, Ton Scherpenzeel bersama Johan Slager dan Bert Veldkamp mendirikan grup Europe pada tahun 1982. Nama grup bentukan Ton kebetulan sama dengan grup Europe asal Swedia yang fenomenal dengan lagu The Final Countdown. Setelah merilis satu album, grup Europe milik Ton Scherpenzeel bubar tahun 1984. Selanjutnya, Ton Scherpenzeel sejak tahun 1983 bermain kibor untuk grup Camel dan Earth & Fire. Selain itu, ia juga menulis musik bagi Youp van 't Hek dan beberapa kelompok teater di Belanda.

Kebangkitan kembali[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1997, Kayak bersedia melakukan reuni untuk tampil dalam acara televisi Classic Albums yang menceritakan album Royal Bed Bouncer. Dua tahun kemudian (1999), mereka kembali diminta tampil sebagai bintang tamu oleh grup musik De Kast asal Friesland dalam acara televisi De Vrienden van Amstel Live. Acara tersebut menandai pertunjukan pertama Kayak di muka umum setelah membubarkan diri 17 tahun sebelumnya. Anggota Kayak yang hadir terdiri dari Ton Scherpenzeel, Max Werner, Bert Veldkamp, dan Johan Slager. Pim Koopman yang tidak dapat hadir untuk sementara posisinya digantikan oleh Marc Stoop.

Album Close to the fire dirilis tahun 2000 dengan anggota Scherpenzeel, Werner, Veldkamp, Koopman, dan gitaris baru Rob Winter. Selain itu, Max Werner kembali bergabung sebagai vokalis. Sementara Max Werner bermain drum, Bert Heerink (mantan Vandenberg) bertugas sebagai vokalis pada tur pertunjukan mereka. Di musim gugur tahun 2000, Max Werner mengundurkan diri, dan Bert Heerink ditunjuk sebagai vokalis tetap dengan dibantu anggota baru Rob Vunderink (mantan The Hammer dan Diesel) pada vokal dan gitar.

Pada tahun 2001, mereka mengeluarkan dua album berturut-turut, Chance For A Live Time dan Night Vision. Album Chance For A Live Time adalah album konser pertama Kayak yang benar-benar direkam secara live di atas panggung. Pertunjukan keliling untuk memasarkan album Night Vision dilangsungkan tahun berikutnya (2002).

Pada tahun 2003, Kayak merilis album rock opera Merlin versi baru yang merupakan rekaman ulang album berjudul sama yang pernah dirilis tahun 1981. Album Merlin versi baru diberi judul Merlin: Bard or the Unseen. Di dalamnya berisi tambahan lagu baru serta iringan musik orkestra. Sewaktu album Merlin: Bard or the Unseen sedang dikerjakan, gitaris Rob Winter mengundurkan diri dan sebagai penggantinya masuk anggota baru bernama Joost Vergoossen dan penyanyi wanita Monique van der Ster. Album ini diikuti pertunjukan di gedung-gedung teater, dan rekaman pertunjukan dikemas menjadi album DVD berjudul sama.

Album rock opera berskala lebih besar dari album Merlin dirilis tahun 2005. Album ini diberi judul Nostradamus: Fate of Man, dan didukung musisi ekstra seperti Syb van der Ploeg (mantan De Kast). Edward Reekers juga kembali diminta bergabung sebagai penyanyi tamu. Sebelum rekaman dimulai, pemain bass Bert Veldkamp mengundurkan diri, sehingga posisinya untuk sementara diisi Ton Scherpenzeel yang memang bisa memainkan bass. Album Nostradamus diedarkan dalam bentuk 2 keping CD, sedangkan versi ringkasnya dalam bentuk 1 CD dikemas sebagai album Excerpts from Nostradamus. Sebelum pertunjukan keliling Nostradamus: Fate of Man dimulai, Jan van Olffen bergabung sebagai pemain bass. Pertunjukan Nostradamus juga diperkuat oleh Marc Dollevoet, Marjolein Teepen, dan Marloes van Woggelum. Setelah konser selesai, kelompok ini harus kehilangan vokalis Bert Heerink yang mengundurkan diri pada akhir tahun 2005.

Tur keliling KAYAKoustic dimulai musim gugur 2006 dan berlangsung hingga awal tahun 2007.

Daftar album[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album DVD[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]