Kaus tanpa lengan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cody Simpson, penyanyi asal Australia, yang sedang menggunakan kaus tanpa lengan
Seorang wanita memakai halter top
Iva Grijalva Pashova memakai kaus tali spageti
Seorang wanita memakai tank top kuning di atas tank top putih bukan bra
Seorang wanita muda memakai kamisol. Lycra menyebabkan kamisol lebih dekat pas di akhir 2000-an
Seorang wanita memakai tube top
Seorang pria memakai A-shirt

Kaus tanpa lengan juga disebut singlet atau juga dikenal sebagai tank top, adalah kaus yang diproduksi tanpa lengan. Pakaian ini sering dipakai oleh atlet seperti atletik dan basket. Tank top menjadi pakaian santai populer di Amerika Serikat sejak 1970 dan dianggap sebagai pakaian kasual publik sehingga dapat di pakai di sebagian besar cuaca hangat. Singlet sebagian besar disukai di iklim panas, karena lubang lengan menyediakan ventilasi dan kain tipis untuk memberikan kenyamanan. Singlet biasa dipakai pada akhir musim semi dan musim panas.

Namun, singlet biasa dipakai sebagai pakaian dalam di bawah kaus, sedangkan tank top lebih berwarna dan dirancang dengan baik biasanya dipakai sebagai baju luar. Di sekolah, untuk pakaian dalam, biasanya menggunakan singlet.

Jenis-jenis kaus tanpa lengan[sunting | sunting sumber]

Halter top[sunting | sunting sumber]

Halter top adalah sebuah kaus tanpa lengan, di mana tali terjadi di belakang leher, meninggalkan punggung atas terungkap. Halter top dipakai terutama wanita dan anak perempuan.

Kaus tali spageti[sunting | sunting sumber]

Kaus tali spageti adalah sebuah kaus tanpa lengan dengan string atau bahan tipis di bahu untuk menahan kaus. Hal ini diduga berasal dari Inggris tahun 1920, dan dibuat modis oleh orang kaya kelas atas, tapi sekarang dipakai terutama pemuda wanita dan anak perempuan. Juga disebut sebagai vest di Inggris Britania.

Kamisol[sunting | sunting sumber]

Kamisol adalah sebuah kaus tanpa lengan untuk wanita, biasanya memanjang ke pinggang. Kamisol biasanya terbuat dari satin, nilon, atau katun. Kamisol dipakai terutama pemuda wanita dan anak perempuan. Baru-baru ini, kamisol telah dikenal untuk digunakan sebagai pakaian luar.[1]

Tube top[sunting | sunting sumber]

Tube top adalah sebuas kaus tanpa lengan dan bahu pada dasarnya, sebuah tabung yang membungkus tubuh wanita. Di Inggris dan Australia, itu disebut "tabung payudara" (jangan bingung dengan slang Amerika identik untuk menyetel televisi).

A-shirt[sunting | sunting sumber]

A-shirt atau juga disebut dalam Bahasa Indonesia: "kaus atletik", kaus ini biasa dipakai oleh pemain atletik. Di Bahasa Inggris Amerika juga disebut sebagai wife beater, Guinea tee atau Dago tee dari (guinea, dago, slur etnik melawan Italia). Di Bahasa Inggris Britania juga disebut sebagai vest, Di India disebut sebagai baniyaan, Di Bahasa Skot disebut vernakular ini disebut sebagai semmit, dan Bahasa Inggris Australia juga disebut sebagai singlet.

Selain penggunaan atletik, A-shirt secara tradisional telah digunakan sebagai kaus, terutama dengan jas dan kemeja.

Membangun sebuah A-shirt sederhana: leher dan lubang lengan sering diperkuat agar tahan lama. Satu biasanya memiliki lubang lengan besar dan lubang leher dan leher yang dapat mencapai bawah sejauh pertengahan dada. Mereka juga kadang-kadang dibuat lama untuk membuat menyelipkan menjadi sepasang celana lebih mudah. Di hampir semua kasus, mereka tanpa kancing, kerah, dan tanpa kantung. A-shirt dirancang untuk cocok ketat dan terbuat dari bergaris kapas atau serat lainnya.

T-shirt tanpa lengan[sunting | sunting sumber]

Sebuah T-shirt tanpa lengan juga disebut sebagai muscle shirt dan bahasa sehari-hari disebut shooter shirt oleh pemain basket, adalah desain yang sama sebagai T-shirt , tetapi tanpa lengan. Mereka terutama dipakai oleh laki-laki karena lubang-lubang besar lengan terbuka akan mengekspos payudara wanita dalam keadaan tertentu. Mereka sering dipakai selama kegiatan atletik. Mereka cukup populer pada tahun 1980-an dan stereotip dikaitkan dengan peselancar dan binaraga (maka nama "muscle" shirt) yang sering menanggung logo gym mereka atas kaus. Juga disebut "Tenement T-shirt" atau "Wife Beater".

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]