Katedral Southwark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Southwark
Gereja Katedral Metropolitan Santo Georgius di Southwark
Inggris: Metropolitan Cathedral Church of Saint George
Katedral Southwark
Koordinat: 51°29′52″N 0°06′28″W / 51.4978°N 0.1079°W / 51.4978; -0.1079
LokasiSouthwark, London Raya
NegaraInggris
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webwww.stgeorgescathedral.org.uk
Sejarah
Tanggal konsekrasi1894
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekAugustus Welby Northmore Pugin
GayaGothic Revival
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Southwark
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. John Wilson
DekanCanon Michael Branch
Listed Building – Grade II
Ditetapkan2 Maret 1950
1385643[1]

Gereja Katedral Metropolitan Santo Georgius (Inggris: Metropolitan Cathedral Church of Saint George), biasanya dikenal sebagai Katedral Southwark, adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Southwark, London selatan, Inggris. Katedral ini merupakan pusat kedudukan bagi Keuskupan Agung Southwark, dan merupakan takhta bagi Uskup Agung Southwark.

Katedral ini adalah gereja induk Katolik Provinsi Southwark yang mencakup Keuskupan Agung Southwark (seluruh London di selatan Sungai Thames termasuk Kent dan utara Surrey) dan Keuskupan Arundel dan Brighton, Portsmouth, dan Plymouth. Katedral ni adalah katedral metropolitan Uskup Agung Southwark. Bangunan ini didirikan pada tahun 1848 dan dibuka kembali setelah kerusakan parah akibat perang pada tahun 1958. Secara arsitektural bangunan ini terdaftar dalam kategori awal Kelas II.[1]

Katedral ini berada di seberang Imperial War Museum di Lambeth Road di London (di sudut St George's Road). Di Westminster Bridge Road, dekat ke utara, terdapat Sekolah Dasar eponymous dan markas besar CAFOD.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Romo Katolik Pastor Dixon berjalan melewati katedral pada tahun 1942, setelah kerusakan parah disebabkan oleh pengeboman pembakar

Katedral ini dibangun pada tahun 1848, ketika dibuka oleh Uskup (kemudian Kardinal) Wiseman. Sebelumnya, komunitas Katolik setempat telah menggunakan kapel kecil di London Road, yang juga didedikasikan untuk Santo Georgius, namun kedatangan imigran Irlandia di daerah tersebut mengharuskan pembangunan rumah ibadah yang lebih besar.[2] Pada tahun 1852, mengikuti restorasi hierarki Katolik, gereja ini menjadi salah satu dari empat gereja Katolik pertama di Inggris dan Wales (dan yang pertama di London) yang dinaikkan statusnya menjadi katedral sejak Reformasi Inggris.[3] Katedral ini dirancang oleh Augustus Pugin, yang terkenal dengan karyanya bekerja dengan Charles Barry pada desain Gedung Parlemen yang dibangun kembali, dalam dihiasi Gotik, dari bata stok kuning dengan balutan Batu Portland. Pugin adalah orang pertama yang menikah di gereja tersebut pada 10 Agustus 1848, dengan istri ketiganya Jane.

Katedral ini dipugar dan didekorasi ulang oleh arsitek gerejawi Skotlandia Frederick Walters antara tahun 1888 dan 1905.[1]

Pada bulan Oktober 1920, Katedral ini menjadi tempat Misa pemakaman nasionalis Irlandia Terence MacSwiney, Walikota Cork, yang meninggal karena mogok makan di Penjara Brixton. John Lavery melukis lukisan pemakaman terkenal, yang merupakan koleksi Galeri Seni Crawford di Cork.[4][5]

Katedral ini dibom parah selama Perang Dunia Kedua, setelah itu Aula Amigo yang berdekatan berfungsi sebagai pro-katedral. Di dalam struktur luar bangunan Pugin, Romilly Craze merancang katedral kebangkitan Gotik abad ke-20 yang dibangun kembali, yang dibuka pada tahun 1958.[6] Elemen yang masih bertahan dari katedral yang dibom adalah dua nyanyian dan Kapel Sakramen Mahakudus, yang dirancang oleh putra Pugin Edward pada tahun 1856.

Desain asli Pugin mencakup menara yang lebih tinggi dan puncak menara. Baik ketika dibangun maupun dibangun kembali, pendanaan tidak mencukupi, dan elemen-elemen ini masih belum terealisasi.

Sejak rekonstruksi, tempat ini kembali berperan sebagai pusat komunitas lokal dan menjadi tuan rumah bagi banyak pengunjung terkemuka, termasuk Dalai Lama (1998) dan Paus Yohanes Paulus II (1982), yang terakhir digambarkan di salah satu jendela kaca patri katedral oleh Goddard & Gibbs.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Sebelum kerusakan pada masa perang, ada dua organ, satu oleh Willis[7] dan satu oleh Bishop & Son.[8] Keduanya hancur. Mereka digantikan oleh organ 72 stop John Compton pada tahun 1958.[9] Organ Compton telah dimodifikasi oleh Ellis Scothon dan Whitwell Green.

Paskah 2011 menyaksikan pemulihan sebagian organ Compton dan pemasangan di kansel panti Paduan Suara George Pace, hadiah dari Katedral St Alban Anglikan. Katedral ini memiliki hubungan kuat dengan Katedral Paderborn, Rhine-Westphalia Utara, yang mengalami pemboman oleh Inggris pada Perang Dunia Kedua, dan Katedral Southwark, katedral Anglikan setempat.

Kaca patri di katedral yang dibom dibuat oleh seniman kaca patri yang produktif William Wailes. Di katedral yang dibangun kembali, jendela di atas Pintu Barat menunjukkan Penobatan Maria sebagai Ratu Surga. Jendela Timur menggambarkan Penyaliban dan Orang Suci Inggris dan Wales. Jendela Timur dan Barat berada di dekat Harry Clarke dari Dublin; dekorasi batu di Jendela Timur adalah milik Pugin.[10]

Fitur yang lebih baru adalah pemasangan salib oleh seniman Salvador Fernando Llort pada tahun 2013, sebagai tempat ziarah nasional untuk Uskup Agung San Salvador Óscar Romero yang terbunuh.[11][12]

Paduan suara dan musik[sunting | sunting sumber]

Paduan suara katedral terus tampil di berbagai acara sejak tahun 1848, dan penampilan mereka telah disiarkan di Radio dan TV BBC, seperti Misa Tengah Malam Natal tahun 2015 di BBC1.[13]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Katedral merupakan gereja yang berfungsi untuk komunitas Katolik. Misalnya, komunitas Amerika Latin disuguhi Misa berbahasa Spanyol setiap hari Minggu pukul 1 malam, yang seluruhnya dirayakan dalam bahasa Spanyol. Setiap Misa dihadiri oleh orang-orang dari berbagai etnis dan usia, mulai dari Afrika, Asia, hingga Eropa. Kongregasi Misa Latin Inggris dan Wales telah melakukan beberapa kunjungan ke katedral untuk merayakan Misa Rendah dan Misa Agung Khidmat dalam usus antiquior (penggunaan lama) yang Paus Benediktus XVI motu proprio Summorum Pontificum (2007) disahkan sebagai bentuk luar biasa dari Ritus Romawi (Misa Tridentine versi 1962).

Katedral ini terletak di situs bersejarah dekat dengan Imperial War Museum, dan beberapa menit berjalan kaki dari South Bank London dan Thames, Westminster Bridge, London Eye, dan landmark seperti Rumah Sakit Santo Tomas dan Stasiun Waterloo. Setiap musim panas digunakan oleh London South Bank University untuk upacara wisuda. Itu juga sering digunakan untuk pertemuan Akademi Saint Cecilia. Akustiknya menarik banyak orkestra dan paduan suara untuk melakukan konser di bagian tengah, dan Whitehall Orchestra serta Trinity College of Music sering menjadi pengunjung.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Templat:National Heritage List for England
  2. ^ Boast, Mary (1985). Kisah Bankside. London Borough of Southwark. hlm. 28. ISBN 0905849078. 
  3. ^ Dekrit Kongregasi Suci untuk Penyebaran Iman, 21 April 1852. Gereja-gereja lain yang diangkat menjadi katedral berdasarkan dekrit ini adalah St Chad's, Birmingham, St Barnabas, Nottingham dan St John's, Salford: Decreta Quatuor Conciliorum Provinceium Westmonasteriensium, (Edisi ke-2, London: Burns & Oates), hal.56; terjemahan dalam: Robert Guy OSB, The Synods in English (Stratford-on-Avon: St Gregory Press, 1886) hal.101.
  4. ^ O'Farrell, Fergus. "Brixton mengenang salah satu pemogok makan paling terkenal di Irlandia". The Irish Times. 
  5. ^ "Katalog Galeri Seni Crawford". de1.zetcom-group.de/MpWeb-mpCrawfordArtGallery. 
  6. ^ "St George's Cathedral: Building". www.stgeorgescathedral.org.uk. Diakses tanggal 2020-07-10. 
  7. ^ "Entri Pendaftaran Organ Pipa Nasional N16101". www.npor.org.uk. Diakses tanggal 2020-07-10. 
  8. ^ "Entri Pendaftaran Organ Pipa Nasional N16100". www.npor.org.uk. 
  9. ^ "Entri Pendaftaran Organ Pipa Nasional N12637". www.npor.org.uk. Diakses tanggal 2020-07-10. 
  10. ^ "St Katedral St. George: Gedung". www.stgeorgescathedral.org.uk. 
  11. ^ "Salib Salvador dengan relik Romero untuk Katedral St George, Southwark". Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Juni 2017. Diakses tanggal 5 Juni 2021. 
  12. ^ "Kuil St Oscar Romero di London". Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2021. 
  13. ^ programs/b06t07cj Misa Tengah Malam dari Katedral St. George, Southwark