Katedral Augsburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Augsburg
Jerman: Dom Mariä Heimsuchung
Katedral Augsburg
LokasiAugsburg, Bavaria
NegaraJerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanta Maria
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque/Gotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Augsburg

Katedral Augsburg yang secara resmi bernama Katedral Kunjungan Bunda Maria dan Hati Yesus Yang Mahakudus (Jerman: Dom Mariä Heimsuchung) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Augsburg, Bavaria, Jerman. Katedral ini didirikan pada abad ke-11 dengan gaya Romawi, dengan tambahan Gotik pada abad ke-14. Bersama dengan Basilika St. Ulrich dan Afra, gereja ini menjadi salah satu atraksi utama kota. Luasnya 113 x 40 m dan menaranya setinggi 62 m. Katedral ini didedikasikan untuk Kunjungan Perawan Maria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini mungkin terletak di lokasi bangunan abad ke-4 yang sudah ada sebelumnya, belum tentu sebuah gereja, yang fondasinya telah digali di bawah permukaan tanah saat ini; situs ini termasuk dalam tembok Romawi kuno Augusta Vindelicorum. Gereja pertama yang diketahui di tempat ini didokumentasikan sejak tahun 822, namun berasal dari akhir abad ke-8 masa pemerintahan para uskup Wikterp dan Simpert.

Bangunan ini dirusak oleh Magyars dan dipulihkan pada tahun 923 di bawah uskup Ulrich. Intervensi perbaikan lainnya terjadi pada tahun 994 ketika apse bagian barat runtuh; restorasi didanai oleh permaisuri Adelaide. Struktur Romawi saat ini dibangun pada tahun 1043 oleh Uskup Henry III dan selesai pada tahun 1065. Kedua menara, yang terlihat dari seluruh kota, selesai dibangun pada tahun 1075. Dari tahun 1331 hingga 1431 banyak elemen Gotik ditambahkan, termasuk bagian timur panti paduan suara.

Selama Reformasi Protestan, gereja kehilangan sebagian besar karya seni keagamaannya, meskipun beberapa di antaranya kemudian dipulihkan. Interiornya, yang diubah menjadi Barok selama abad ke-17, sebagian dikembalikan ke tampilan akhir abad pertengahan pada abad ke-19, dengan penambahan beberapa elemen neo-Gotik. Pada tahun 1565 menara utara ditinggikan. Gereja hanya mengalami sedikit kerusakan selama Perang Dunia II, sebagian besar terjadi pada Kapel Bunda Maria.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Gereja ini memiliki beberapa ciri yang tidak biasa, seperti tidak adanya fasad yang sebenarnya dan adanya dua paduan suara. Denahnya berbentuk basilika dengan nave dan empat lorong dan sebagian besar dibangun dari bata merah, ditopang oleh penopang. Apse barat didahului oleh transep. Ia juga memiliki dua paduan suara dan dua menara, diakhiri dengan pedimen segitiga dan puncak menara tembaga. Di depan gereja terdapat fondasi gereja Santo Yohanes (abad ke-10) dan sisa-sisa tembok Romawi.

Jendela kaca patri bergambar Nabi Yunus.

Portal selatan, yang dibangun pada tahun 1356, menampilkan banyak ukiran relief, yang menggambarkan pemandangan dari kehidupan Perawan Maria di tympanum dan kolom tengah, sedangkan di kusen adalah kisah dari rasul. Portal utara (1343) memiliki timpani dengan Kabar Sukacita, Kelahiran Kristus, Adorasi Orang Majusi, dan Kematian dan Penobatan Perawan. Beberapa figur telah dipindahkan ke interior.

Pintu perunggu abad ke-11, yang dulunya berada di portal paduan suara selatan, sekarang berada di Museum Katedral. Ini mencakup 35 panel perunggu dalam dua seri: di sebelah kiri adalah adegan dari Perjanjian Lama, termasuk penciptaan Hawa dan pertemuannya dengan Adam; Taman Eden dan Ular; Musa dan tongkat diubah menjadi ular; keajaiban Harun pada tongkat orang Mesir; Samson menjinakkan singa dan membunuh Filistin. Seri lainnya, di sebelah kanan, menggambarkan episode dari Perjanjian Baru: wanita yang kehilangan sekeping perak; burung Surga; kebun anggur, serta para pendahulu Kristus: Melkisedek, Musa, Harun, Daud, Judas Maccabaeus dan Nabi lainnya. Terakhir, ada singa, beruang, burung, dan centaur, elemen simbolisme abad pertengahan.

Klerestori bagian selatan memiliki lima jendela kaca patri yang berasal dari akhir abad ke-11 hingga awal abad ke-12, yang tertua di Jerman:[1] mereka menampilkan nabi Daud, Yunus, Daniel, Musa, Hosea, dan mungkin merupakan bagian dari seri yang lebih besar, yang lainnya sekarang hilang. Lorong selatan memiliki jendela kaca patri abad pertengahan yang lebih baru (1330–1340), dengan cerita tentang Perawan Maria. Paduan suara barat berisi tiga jendela oleh de:Johannes Schreiter yang secara simbolis menunjukkan Kedatangan Kerajaan Allah.

Pilar bagian tengah memiliki empat lukisan kehidupan Maria, yang dibuat oleh Hans Holbein the Elder pada tahun 1493. Transept utara mempunyai serangkaian potret uskup Augsburg, yang dimulai pada tahun 1488 dan berlanjut hingga zaman modern. Kapel Bunda Maria dirancang pada tahun 1720-21 oleh Gabriel de Gabrieli.

Karya seni lain di gereja termasuk tahta uskup (c. 1100), ditopang oleh dua singa yang berjongkok; makam perunggu Uskup Wolfhart Rot (1302) dan uskup lainnya; sebuah lukisan dinding besar yang menggambarkan Santo Kristoforus (transept selatan, 1491); sebuah "Ecce Homo" oleh seniman Barok Georg Petel. Gereja juga memiliki ruang bawah tanah bergaya Romawi, yang berasal dari abad ke-10 dan terletak di bawah paduan suara barat, dan biara yang dianeksasi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Augusta". Sorotan Bersejarah Jerman. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Agustus 2011. Diakses tanggal 6 Mei 2011. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Chevalley, Denis André (1995). Der Dom zu Augsburg (dalam bahasa German). Munich: Verlag Oldenbourg. ISBN 3-486-55960-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 48°22′22″N 10°53′48″E / 48.37278°N 10.89667°E / 48.37278; 10.89667