Katedral Arequipa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Arequipa
Basilika Katedral Santa Maria
bahasa Spanyol: Basílica Catedral
Katedral Arequipa
LokasiArequipa
NegaraPeru
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Arequipa

Katedral Basilika Arequipa ("Basílica Catedral", dalam bahasa Spanyol) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di "Plaza de Armas" di kota Arequipa, provinsi Arequipa, Peru. Katedral ini adalah gereja Katolik terpenting di kota dan juga Keuskupan Agung Arequipa yang lebih besar karena merupakan basis uskup agung dan dewan metropolitan. Katedral ini juga dianggap sebagai salah satu katedral kolonial Peru yang paling tidak biasa dan terkenal sejak Penaklukan Spanyol.

Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

15 Agustus 1540: Ini adalah tanggal pendirian kota ini oleh Garcí Manuel de Carbajal. Katedral mulai dibangun pada tanggal ini. Dalam "Act of Foundation" Arequipa dapat dibaca: "...atas nama Yang Mulia Gubernur Francisco Pizarro, mendirikan desa yang indah di lembah Arequipa, di bagian Collasuyo, di atas tepi sungai, atas namanya dia menaruh salib, di lokasi yang ditunjuk untuk Gereja; Dia menaruh tombak di alun-alun desa, yang menurutnya akan dilakukan atas nama keagungan desa itu..."

14 Februari 1544: Perwakilan Dewan, Kehakiman dan Direktorat kota menandatangani kontrak dengan arsitek Pedro Godínez, yang saat itu menjabat sebagai bupati kota dan komandan San Juan Bautista de Characato, serta tukang kayu Juan Rodríguez dan Gregorio Álvarez untuk membangun Gereja.

September 1544: Miguel Cornejo, walikota kota tersebut, menugaskan pembangunan portal kepada master Toribio de Alcaraz, yang setuju untuk membangunnya menggunakan lava vulkanik putih yang membatu (sillar). Gereja ini dibangun dengan dua bagian utama.

22 Januari 1583: Gempa bumi membuat gereja menjadi puing-puing.

1590: Diputuskan untuk membangun kembali gereja utama, dan ini ditugaskan kepada Gaspar Báez, yang dibantu oleh beberapa pejabat Spanyol dan ratusan "Mitayo" orang India. Desain baru akan memiliki tiga bagian, busur dan kubah dari batu bata.

Februari 1600: Ketika konstruksi hampir selesai, letusan dahsyat Huaynaputina stratovolcano (juga dikenal sebagai Quinistaquillas atau Omate), bersamaan dengan beberapa gempa bumi dan hujan abu, menghancurkan sebagian struktur.

1604: Gempa bumi lainnya menghancurkan sisa-sisa bangunan.

1609: Bula Paus Paulus V mendirikan Keuskupan Arequipa, memisahkannya dari Keuskupan di Cuzco. Umat ​​Katolik Arequipan menjadi miskin sejak letusan gunung berapi, namun memutuskan untuk membangun kembali katedral.

27 Januari 1621: Tuan Andrés de Espinoza ditugaskan untuk membangun katedral.

1628: Espinoza meninggal.

1656: Pembangunan katedral selesai. Itu memiliki tiga bagian, panjang 180 kaki dan lebar 84 kaki (84,86 m kali 25,6 m), 8 pilar, 5 kapel, 22 busur, 15 kubah bata.

1666: Gempa bumi. Beberapa kerusakan, namun tidak ada kerusakan struktural. Rekonstruksi sebagian fasad segera dimulai.

1668: Gempa bumi. Beberapa kerusakan, namun tidak ada kerusakan struktural. Rekonstruksi sebagian fasad segera dimulai.

1687: Gempa Bumi. Beberapa kerusakan, namun tidak ada kerusakan struktural. Rekonstruksi sebagian fasad segera dimulai.

1784: Gempa bumi. Beberapa kerusakan, namun tidak ada kerusakan struktural. Rekonstruksi sebagian fasad segera dimulai.

1 Desember 1844: Terjadi kebakaran di katedral. Api menghanguskan beberapa bagian gereja dan banyak lukisan, patung dan furnitur, serta beberapa kubah dan pilar.

15 Desember 1844: Pekerjaan rekonstruksi saat ini dilakukan, di bawah arahan Uskup José Sebastián de Goyeneche y Barreda, dan saudaranya Juan Mariano de Goyeneche. Arahan teknis berada di bawah arsitek Lucas Pobrete. Dalam restorasi ini diperbesar hingga mencapai tempat gereja tua San Juan (hancur pada tahun 1784).

1850: Uskup Goyeneche menugaskan produksi beberapa perhiasan untuk menghiasi katedral kepada pembuat perhiasan Spanyol Francisco de Moratilla, yang saat itu menjadi pembuat perhiasan Ratu Spanyol. Keponakan uskup (Pangeran Guaqui, bangsawan wanita Goyeneche dan Gamio dan Jose Sebastian de Goyeneche) memberikan katedral altar utama (masih ada sampai sekarang) yang dipasang oleh arsitek Italia dengan nama belakang Guido.

1854: Jam menara buatan Inggris dipasang. Juga organ musik dan dua belas patung kayu raksasa, semuanya dibuat di Belgia, karya para rasul.

1879: Mimbar, dibuat di toko Buisine-Rigot di Lille, Perancis, dipasang berkat duta besar Peru di Perancis, Tuan Juan Mariano de Goyeneche, Pangeran Guaqui. Itu diberikan kepada gereja oleh Javiera Lizárraga de Alvarez Comparet.

13 Agustus 1868: Gempa bumi yang dahsyat dan berkepanjangan menghancurkan beberapa bagian katedral: menara, sebagian portal utama, sebagian lengkungan fasad, dan beberapa altar. Pada tahun-tahun berikutnya, berkat Uskup dan keluarga Goyeneche dan di bawah arahan teknis Lucas Pobrete, kedua menara dan lengkungan fasad dibangun kembali.

23 Juni 2001: Gempa Peru bagian selatan tahun 2001 berkekuatan 8,1 skala Richter pada tanggal 23 Juni. Menara kiri hancur, dan menara kanan mengalami kerusakan parah.

15 Agustus 2002: Pada hari ulang tahun pendiriannya, Walikota Manuel Guillén menyelesaikan restorasi menara.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 16°23′53″S 71°32′11″W / 16.3981°S 71.5364°W / -16.3981; -71.5364