Kasou Taishou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kasou Taishou
Nama alternatifMasquerade
ALL JAPAN KASOH GRAND-PRIX
PresenterKinichi Hagimoto (edisi ke-1 hingga ke-98)
Shingo Katori (sejak edisi ke-65)
Negara asalJepang
Jmlh. episode98
Produksi
Durasi2-3 jam
Rilis asli
JaringanNippon TV/NNS
Rilis31 Desember 1979 (1979-12-31) –
sekarang

Kasou Taishou (欽ちゃん&香取慎吾の全日本仮装大賞; "Grand Prix Kostum Seluruh Jepang Kinchan dan Katori Shingo", juga dikenal di luar Jepang sebagai Masquerade)[1] adalah acara ragam televisi Jepang semi-tahunan yang ditayangkan di Nippon TV pertama kali first ditayangkan pada tahun 1979.

Program ini menunjukkan di mana berbagai kelompok amatir (atau artis soli) melakukan sandiwara pendek, yang dinilai oleh panel juri. Terutama dalam beberapa tahun terakhir, banyak sandiwara yang berkisar pada metode cerdas untuk "memalsukan" efek khusus sinematik di panggung langsung. Acara ini dipandu oleh Kinichi Hagimoto dan Shingo Katori. Di seluruh dunia, sandiwara yang paling terkenal, dan di antara yang paling sukses di "efek khusus palsu" adalah sandiwara yang dikenal luas sebagai "Ping Pong Matrix".

Pada edisi ke-98 (6 Februari 2021) dari program ini, Kinichi Hagimoto mengumumkan bahwa ini akan menjadi kali terakhir dia memimpin acara program ini.[2]

Ping Pong Matrix[sunting | sunting sumber]

Ping Pong Matrix adalah nama dari klip video populer dari pertunjukan yang menampilkan para pemain yang memadukan gerakan dalam gaya The Matrix dengan Ping Pong, menggunakan kuroko (tangan panggung di teater kabuki) untuk menahan alat peraga, memfasilitasi gerakan yang lucu dan sebaliknya tidak mungkin. Sebagian besar elemen dalam pertunjukan diatur dengan warna hitam, membuat tangan panggung tidak terlihat pada awalnya. Faktanya, adegan itu tampak seperti permainan pingpong biasa pada pandangan pertama, sampai pertunjukan luar biasa dilakukan. Penampilan ini, dipimpin oleh kapten tim bernama Hideki Kajiwara (梶原比出樹), memenangkan kompetisi pada tanggal 31 Maret 2003.[3] Klip tersebut menjadi meme internet.

Siaran internasional[sunting | sunting sumber]

Acara ini juga ditayangkan di beberapa negara. Hong Kong menayangkan program ini dengan nama "全民創意爭霸賽" di i-CABLE Entertainment Channel dengan sulih suara dalam bahasa Kanton. Indonesia, Malaysia, dan Singapura menayangkan acara ini dengan nama Masquerade. Siaran di Indonesia dan Singapura dengan judul ini masing-masing ditayangkan dengan sulih suara, masing-masing di RCTI dalam bahasa Indonesia dan MediaCorp okto dalam bahasa Inggris, sedangkan siaran Malaysia di TV3 ditayangkan dengan takarir dalam bahasa Malaysia. Di negara-negara Asia Tenggara lainnya juga menayangkannya sebagai Masquerade (year) di Sony Gem TV yang ditayangkan setiap Hari Natal.

Versi lain[sunting | sunting sumber]

Di Filipina, versi acara tersebut ditayangkan di GMA Network sebagai bagian dari blok jaringan Bilib Ka Ba Nights (arti harfiah: "Apakah kamu percaya Malam?") dengan nama Masquerade dan dipandu oleh Ariel Villasanta dan Maverick Relova, yang berlangsung dari 20 Agustus 2008 sampai 11 Maret 2009.[4]

Dalam budaya populer lainnya[sunting | sunting sumber]

Acara ini ditampilkan dalam video musik untuk lagu singel berjudul "Flamboyant" oleh duo pop asal Britania Raya bernama Pet Shop Boys. Disutradarai oleh Nico Beyer, video musik ini mengikuti salah satu peserta nyata dari pertunjukan yang akhirnya memenangkan kompetisi dengan rekreasi bola sodok.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Masquerade". Nippon TV. Diakses tanggal September 6, 2021. 
  2. ^ "欽ちゃん「今回で私、この番組終わりね」…日テレ系「仮装大賞」収録で爆弾発言". Sports Hochi (dalam bahasa Jepang). 2021-01-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-08. Diakses tanggal 2021-06-08. 
  3. ^ Lucas, Dean. "Famous Pictures Magazine - Ping Pong". Diakses tanggal 2013-04-30. 
  4. ^ Almo, Nerisa (August 18, 2008). "GMA-7 features breathtaking videos in "Bilib Ka Ba Nights"". Philippine Entertainment Portal. Diakses tanggal September 5, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]