Kasongo Ilunga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Andre Kasongo Ilunga
Menteri Perdagangan Luar Negeri
Masa jabatan
5 Februari 2007 – November 2007
Sebelum
Pendahulu
Tidak ada
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir(1972-10-20)20 Oktober 1972
Republik Demokratik Kongo Bukama, Republik Demokratik Kongo
Partai politikUNAFEC
PekerjaanWakil presiden UNAFEC
Politikus ini tidak dikonfirmasikan keberadaan sebenarnya, beberapa orang meragukan keberadaannya.
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Andre Kasongo Ilunga (dikatakan lahir pada 20 Oktober 1972)[1] diidentifikasikan sebagai Wakil Presiden partai UNAFEC dan Menteri Perdagangan Luar Negeri Republik Demokratik Kongo, meskipun diragukan apakah ia ada atau tidak sebagai orang yang benar-benar ada.[2] Meskipun seorang anggota partai UNAFEC yang dipilih oleh Perdana Menteri Antoine Gizenga, ia tidak tampil pada pembukaan Pemerintahan yang baru, dan tidak mengklaim jabatannya. Akibatnya, Kasongo Ilunga sekarang dianggap oleh media lokal dan masyarakat internasional sebagai tokoh khayalan yang dibuat oleh Kisimba Ngoy, pemimpin partai UNAFEC, sebagai bagian dari sebuah rencana untuk memenangkan jabatan lukratif untuk dirinya sendiri.[1][2]

Dalam peraturan pemerintah, suatu partai harus daftar pendek dari setidsknya dua kandidat untuk berbagai jabatan kementerian, yang kemudian Perdana Menteri membuat pilihan akhir dari daftar tersebut.[2] Hanya dua kandidat yang diambil untuk jabatan Perdagangan Luar Negeri yakni Kasongo Ilunga dan Kisimba Ngoy, dengan daftar yang dikompilasikan olen Kisimba sendiri. Namun, Kisimba memiliki pendukung vokal yakni Mobutu Sese Seko,[2] sementara itu Antoine Gizenga sangat menentangnya, sehingga membuat terpilihnya Ilunga ketimbang Kisimba. Kisimba menentang kepustusan tersebut, mengklaim bahwa Ilunga adalah karakter yang dibuat untuk alasan pribadi, dan ia mengirimkan sebuah surat tertulis kepada Perdana Menteri untuk menyatakan pengunduran dirinya.

Kasongo Ilunga adalah sebuah nama umum di Republik Demokratik Kongo, dan setidaknya tiga orang mengklaim adalah dirinya.[1] Namun, semua orang tersebut dinyatakan sebagai penyaru, karena tidak ada dari mereka yang memiliki latar belakang yang benar.[1][3] Peristiwa tersebut menjatuhkan reputasi pemerintah, pertama dalam pemilihan secara demokrasi selama 40 tahun, membuat pelengseran Kisimba dari UNAFEC dan pemilihan darurat presiden partai baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Der dreifache Minister, den keiner kennt" (dalam bahasa Jerman). die tageszeitung. 20 February 2007. 
  2. ^ a b c d "Congo's "phantom minister" tarnishes new cabinet". Reuters South Africa. 2 Maret 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-01-18. Diakses tanggal 2015-03-24. 
  3. ^ Rice, Xan (3 Maret 2007). "Imaginary minister joins cabinet". The Guardian.