Kasma Booty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kasma Booty
AMN
LahirKasmah binti Abdullah
1932
Kisaran, Keresidenan Sumatera Timur, Hindia Timur Belanda (kini Sumatera Utara, Indonesia)
Meninggal1 Juni 2007(2007-06-01) (umur 74–75)
Rumah Sakit Ampang, Selangor, Malaysia
MakamPemakaman Kampung Klang Gates, Selangor
PekerjaanPemeran
Tahun aktif1948–1992
Suami/istriBooty Jacobs
Anak5 (Chempaka, Asmara, Kesuma, Surya dan Purnama)

Kasmah Abdullah AMN atau lebih dikenali sebagai Kasma Booty[1] (Jawi: كسم بوتي; 1932 – 1 Jun 2007) adalah seorang aktris film Melayu dan primadona di tahun 40-an, 50-an dan sampai akhir tahun 60-an. Lahir di Kisaran, Indonesia, ia berdarah campuran Belanda dan Jawa dan berasal dari keluarga seniman. Sama seperti P. Ramlee, Kasma mengikuti audisi B. S. Rajhans dan menjadi aktris di Malay Film Productions Ltd. Kasma dulu partner P. Ramlee di Bakti, Sejoli, Juwita, dan Ragam P. Ramlee (bagian Damaq).[2][3][4]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi bintang film, Kasma pertama kali bekerja sebagai aktor teater tradisional aristokrat dengan grup Raiwan Asmara di Medan pada usia sepuluh tahun. Kerasnya hidup mendorong Kasma untuk mandiri dan sejak sepuluh tahun lalu, Kasma merantau ke Malaysia (saat itu Malaya) dan mendapat pekerjaan sebagai aktor aristokrat di Penang dan Singapura.

Karir akting[sunting | sunting sumber]

Kasma memulai karir aktingnya di usia muda karena kesulitan hidup sejak usia 14 tahun. Film pertama yang dibintanginya adalah Chempaka, disusul Pisau Berachun, Noor Asmara, Rachun Dunia, Bakti, Dewi Murni, Sejoli, Juwita, Manusia, Mahsuri, Keris Sempena Riau, Merah Selendang, Siti Payung, Matapan Ibu, Tangkap Basah, Anak Manja dan Ragam P. Ramlee.

Pada tahun 1952, ia dihadapkan pada kontroversi tentang manajemen Shaw Brothers yang menyeretnya ke pengadilan. Namun demi mempertahankan prinsip dan martabatnya, ia memutuskan mundur dari membintangi film Antara Senyum dan Tangis.

Pada tahun 1958, atas permintaan almarhum Tunku Abdul Rahman, Kasma berakting dalam film Mahsuri produksi Cathay Keris.

Di era terakhir keterlibatannya di dunia akting, Kasma banyak berakting di film produksi Studio Merdeka di Hulu Klang. Diantaranya film Keris Sempena Riau, Selindang Merah, Ratapan Ibu (L. Krishnan), Siti Payong, Tangkap Basah, Anak Manja (Salleh Ghani) dan Ragam P. Ramlee (P. Ramlee).

Di masa jayanya, ia juga dijuluki Elizabeth Taylor of Malaya dan Queen of Malay Movies karena wajahnya yang cantik. Bukan hanya parasnya yang cantik, ia juga memiliki segala aura dan kharisma yang dibutuhkan sebagai Primadona Melayu di era film-film Melayu klasik yang booming di Jalan Ampas, Singapura pada masanya. Tak heran mengapa ia juga disegani oleh sesama seniman dan seniman pada masa itu, tak terkecuali Artis Hebat, Tan Sri P. Ramlee sendiri.

Ia mendapat 2 kali penghargaan sebagai aktris. Pada tahun 1987 ia menerima penghargaan Merak Kayangan untuk veteran film dari Festival Film Malaysia dan pada tahun 1990 ia dianugerahi Jury Award dalam Festival Film Asia-Pasifik ke-35.

Namun, setelah membintangi hampir 20 film, Kasma memutuskan untuk meninggalkan dunia seni pada tahun 1992. Di usia tuanya, ia menghadapi banyak masalah kesehatan dan menghabiskan banyak waktu berkonsentrasi pada ibadahnya dan duduk bersama anak cucunya di kediamannya di Klang Gates, Hulu Klang.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Kasma merupakan teman masa kecil dari Siti Zainab binti Kimpal, aktris Indonesia, yang kemudian membintangi beberapa film bersama dengannya.[5]

Ia menikah dengan Jacob Booty dan dikaruniai lima orang anak. Nama kelima anaknya diambil sesuai dengan judul film yang dibintanginya.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat, 1 Juni 2007, pukul 02.00 WIB di RS Ampang dalam usia 75 tahun setelah lama menderita komplikasi paru-paru berair.[6] Jenazahnya dimakamkan dengan aman di Pemakaman Kampung Klang Gates, Selangor pada hari yang sama.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Artis Kasma Booty pertama kali muncul di film Chempaka. Dengan wajahnya yang cantik dan memesona, Kasma terus digembar-gemborkan sebagai Primadona baru perfilman Melayu. Namun atas desakan suaminya Booty Jacobs, Kasma harus membatalkan kontraknya dengan Shaw Brothers saat syuting film Antara Senyum dan Tangis. Pasalnya, Kasma nyaris diperkosa oleh manajer produksi di ruang ganti. Bajunya hampir robek akibat pergumulan itu. Kasus tersebut dibawa ke pengadilan oleh suami Kasma. Tokoh Kasma dalam film Antara Senyum dan Tangis digantikan oleh Rokiah Jaafar.

Kasma Booty terus menghilang dari dunia film dan memfokuskan waktunya sepenuhnya dengan kelompok aristokrat suaminya. Namun empat tahun kemudian, atas desakan Tunku Abdul Rahman, Kasma kembali ke dunia film dalam film Mahsuri yang diproduksi oleh Cathay Keris.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Shaw Brothers Studios

Tahun Judul Peran Keterangan
1948 Chempaka Chempaka
Pisau Berachun
1949 Noor Asmara Zaharah
1950 Rachun Dunia Aminah
Bakti Sa'adiyah
Dewi Murni Dewi Murni
1951 Sejoli Mariam
Juwita Juwita
Manusia

Cathay Keris Studios

Tahun Judul Peran Keterangan
1958 Mahsuri Mahsuri
1959 Rasa Sayang Eh Dr. Faridah

Merdeka Studios

Tahun Judul Peran Keterangan
1961 Keris Sempena Riau Tun Zaleha
1962 Selendang Merah
Siti Payung
Ratapan Ibu
1963 Tangkap Basah
Anak Manja
1965 Ragam P. Ramlee Mawar
1967 Damak Kenanga

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sharifah Zinjuaher H. M. Ariffin, Hang Tuah Arshad (1980). Sejarah Filem Melayu (The History of Malay Motion Pictures). Penerbitan Sri Sharifah. 
  2. ^ "Pelakon veteran Kasma Booty meninggal". Utusan Malaysia. 2 June 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 August 2018. Diakses tanggal 3 August 2018. 
  3. ^ "Screen icon of 1940s Kasma Booty dies". Bernama. The Star. 2 June 2007. Diakses tanggal 3 August 2018. 
  4. ^ Mohammad Arif Nizam Abdullah (2 June 2007). "Perginya seorang ibu seni misali". Utusan Malaysia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 August 2018. Diakses tanggal 3 August 2018. 
  5. ^ Soelin, Emsjaf (1951-06-20). "ZAINAB, Bintang Harapan Panggung Sandiwara dari Ratu Asia". Aneka. Diakses tanggal 2023-10-22. 
  6. ^ Veteran Actress Kasma Booty Dies