Kararname (Liga Prizren)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kararname
Foto beberapa utusan
Kararname Komite Prizren untuk Pertahanan Nasional
Diterapkan olehKomite Prizren untuk Pertahanan Nasional
Tanggal penerapan18 Juni 1878
Legislasi terkait
Kesultanan Utsmaniyah
Penjelasan
pengumuman bahwa rakyat "Albania utara, Epiros, dan Bosnia" bersedia mempertahankan "keutuhan wilayah" Kesultanan Utsmaniyah "dengan segala cara" dari pasukan Bulgaria, Serbia, dan Montenegro

Kararname ("Maklumat") Komite Prizren untuk Pertahanan Nasional adalah nama maklumat yang ditandatangani oleh 47 utusan Muslim dari distrik Prizren, Yakova (kini Gjakova), Ipek (kini Peć), Gucia, Yeni Pazar (kini Novi Pazar), Sjenica, Pljevlja, Mitrovica, Vučitrn, Pristina, Gnjilane, Skopje, Kalkandelen (kini Tetovo), Kičevo, Gostivar, dan Dibra Hilir (kini Peshkopi) dan Dibra Hulu (kini Debar) pada tanggal 18 Juni 1878.[1] The original text, written on Ottoman Turkish, is missing.[2] Sekitar 300 orang Muslim turut serta dalam pertemuan majelis, termasuk utusan dari Bosnia dan mutasarrif (sanjakbey) Sanjak Prizren sebagai perwakilan pemerintahan Utsmaniyah.

Kararname terdiri dari 16 pasal. Teks ini berisi pengumuman yang menyatakan bahwa rakyat "Albania utara dan selatan, dan Bosnia" bersedia mempertahankan "keutuhan wilayah" Kesultanan Utsmaniyah "dengan segala cara" dari serangan pasukan Bulgaria, Serbia, dan Montenegro.

Kararname merupakan dokumen yang penting dalam sejarah Albania karena telah memperkuat agenda Kebangkitan Nasional Albania yang dipelopori oleh Abdyl Frashëri, dan dokumen ini sendiri juga ditetapkan oleh Liga Prizren pada tanggal 27 November 1878.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Text of Kararname, translated from German, French and Albanian by Robert Elsie". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-23. Diakses tanggal 2019-01-23. 
  2. ^ "1878 - The Resolutions of the League of Prizren, published on the website of Robert Elsie". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-23. Diakses tanggal 2011-02-19. 
  3. ^ Elsie, Robert. "1878 The Resolutions of the League of Prizren". Diarsipkan dari versi asli tanggal February 20, 2011. Diakses tanggal February 20, 2011. which served to promote the national awakening, Abdyl bey Frashëri... key assembly of ... landowners at the Bektashi monastery of his native village of Frashër adopted a program for autonomy, which was accepted by the League in Prizren on 27 November 1878.