Debar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tentang suara ini Debar (bahasa Makedonia: Дебар, bahasa Albania: Dibra/Dibër) ialah sebuah kota dan kotamadya di bagian barat Makedonia. Kota ini terletak di atas 625 meter di atas permukaan laut dan di atas waduk yang ada di Sungai Drin Hitam. Kotamadya ini berpenduduk 19.542 jiwa.

Pemandangan atas Debar


Penduduk[sunting | sunting sumber]

Peduduk Debar terdiri atas etnis Albania (59%), Makedonia (20%), Turki (14%), Roma (6%), dan sisanya dari etnis lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penyebutan pertama atas kota ini berasal dari peta karya Ptolemeus dari abad ke-2, dengan nama "Deborus". Kaisar Bizantium Basileios II mengetahui keberadaan kota ini, dan Felix Petancic menyebutnya sebagai Dibri pada tahun 1502.

Pada akhir abad ke-14, Debar ditaklukkan oleh Kesultanan Usmaniyah, dan dinamai Dibri atau Debra. Selama pemerintahan Gjergj Kastriot Skenderbeg dari Albania, kota ini memainkan peran penting dalam pemberontakan penduduk Albania terhadap Turki Usmani. Kawasan Debar merupakan daerah perbatasan antara Turki Ottoman dan pemberontak antara tahun 1443 dan 1465 dan menjadi daerah konflik. Pernah terjadi 2 pertempuran utama dekat Debar (29 April 1444 dan 27 September 1446), yang keduanya berakhir dengan kekalahan di pihak Turki Utsmani.

Debar kemudian masuk ke dalam berbagai kekuasaan asing sebelum akhirnya masuk Republik Makedonia setelah jatuhnya Yugoslavia.

Dari akhir abad ke-20, kota ini berpenduduk 15.550 jiwa, namun setelah Perang Dunia I, jumlah penduduknya mulai berkurang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]