Kapsula Bowman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kapsula Bowman beserta glomerulus

Kapsula Bowman adalah struktur kantong yang terletak pada permulaan dari komponen tubulus dari sebuah nefron pada ginjal mamalia. Sebuah glomerulus dibungkus kantung tersebut. Cairan dari darah pada glomerulus dikumpulkan di kapsula Bowman. Cairan ini nantinya akan diproses menjadi urin.

Kapsula Bowaman merupakan sebuah eponim dari Sir William Bowman (1816-1892), seorang ahli bedah dan ahli anatomi Inggris.

Dengan glomerulus, kapsula Bowman dikenal dengan korpuskel renalis, atau badan Malpighi, yang juga merupakan eponim dari Marcello Malphigi (1628-1694), seorang dokter dan ahli biologi Italia. Istilah ini telah jarang digunakan untuk menghindari kesalahpahaman istilah badan Malphigi pada limpa.

Fisiologi[sunting | sunting sumber]

Sawar antara darah dan lumen dari nefron dibentuk dari tiga lapisan: lapisan endotelium kubus kapiler, membran dasar, dan sel podosit. Sawar ini tidak begitu kuat, karena kadang-kadang molekul besar dapat masuk tidak tersaring.

Proses penyaringan atau filtrasi darah pada kapsula Bowman adalah penyaringan ultra atau filtrasi glomerularis. Keceptan penyaringan yang normal adalah 125 ml darah/menit, ekuivalen dengan 10 kali volume darah. Protein di bawah 30.000 dalton dapat masuk bebas melewati membran, namun akhirnyaterhalang oleh podosit. Molekul kecil yang dapat melewati penyaringan ini adalah air, glukosa, garam (NaCl), asam amino dan urea.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]