Kapamilya Channel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapamilya Channel
JenisJaringan televisi komersial siaran
NegaraFilipina
Tanggal siar pertama
13 Juni 2020; 3 tahun lalu (2020-06-13)
JangkauanNasional
MarkasABS-CBN Broadcasting Center, Diliman, Kota Quezon
Wilayah siar
Filipina
PemilikABS-CBN Corporation
Format gambar
1080i (HDTV)
(diturunkan menjadi 16:9 480i untuk umpan SDTV)
BahasaFilipino (utama)
Inggris (sekondari)
DigantiABS-CBN (pengganti sementara)
Kapamilya Channel
Televisi Internet
iWantTFCTonton langsung

Kapamilya Channel (lit. 'Saluran Keluarga', bergaya sebagai Kapamilya channel) adalah jaringan televisi berbayar Filipina yang dimiliki dan dioperasikan oleh ABS-CBN Corporation. Jaringan mulai disiarkan pada 13 Juni 2020 pukul 5:30 pagi dengan Kapamilya Daily Mass sebagai program pertama mereka.[1] Jaringan ini didirikan sebagai pengganti jaringan ABS-CBN terestrial utama yang menghentikan operasi siaran bebas-udara seperti yang diperintahkan oleh Komisi Telekomunikasi Nasional (NTC) pada 5 Mei 2020, karena kehilangan waralaba legislatifnya. Ini membawa banyak program yang ABS-CBN tayangkan sebelum penghentian.[2]

Jaringan ini terlihat melalui sebagian besar penyedia kabel dan satelit terpilih yang merupakan anggota Asosiasi Televisi Kabel Filipina (PCTA), termasuk Sky Cable dan Sky Direct ABS-CBN, yang mengisi ABS-CBN terestrial utama penugasan saluran yang dikosongkan jaringan. Hal ini memungkinkan ABS-CBN Corporation untuk terus memproduksi dan mendistribusikan konten sementara hasil dari aplikasi waralaba kongres mereka masih tertunda karena gencatan dan penghentian pemesanan NTC untuk ABS-CBN hanya mencakup Saluran 2 dan stasiun televisi dan stasiun radio bebas-udara lainnya.[1][3][4] Jaringan ini juga streaming langsung dan membuat sebagian besar acaranya tersedia di layanan streaming iWantTFC.[5] Meskipun jaringan itu sendiri hanya tersedia di Filipina, sebagian besar program lokalnya tersedia pada layanan berlangganan internasional ABS-CBN TFC.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Guide: Everything airing on Kapamilya Channel starting June 13". ABS-CBN News. June 12, 2020. Diakses tanggal June 13, 2020. 
  2. ^ Hallare, Katrina (June 4, 2020). "'Ang Probinsyano,' other ABS-CBN programs to return as new channel set to emerge". Philippine Daily Inquirer. Diakses tanggal June 4, 2020. 
  3. ^ "Which ABS-CBN businesses can still operate after NTC's cease and desist order?". ABS-CBN News. Diakses tanggal 14 June 2020. 
  4. ^ Mercurio, Richmond (June 7, 2020). "Top ABS-CBN shows returning on new channel". The Philippine Star. Diakses tanggal June 7, 2020. 
  5. ^ "It's Showtime returns to provide entertainment, relief, and livelihood opportunities to Filipinos". ABS-CBN. June 11, 2020. Diakses tanggal June 13, 2020. Livestreaming of the Kapamilya Channel and on-demand viewing of its programs are available on the iWant app and on iwant.ph