Kapal induk Jenis 001A

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sejarah
Republik Rakyat Tiongkok
Pembangun Dalian Shipbuilding
Diluncurkan 26 April 2017[1]
Pelabuhan daftar Qingdao, RRT
Identifikasi CV 17
Status Telah diluncurkan, sedang penyesuaian

Kapal induk Jenis 001A (Hanzi: 001A型航空母舰) adalah sebuah kapal induk yang diluncurkan pada tahun 2017 untuk pelayanan di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (bahasa Inggris: People's Liberation Army Navy, PLAN) dari Tiongkok. Kapal ini merupakan kapal induk kedua yang dimiliki oleh negara Tiongkok setelah penggunaan kapal Liaoning, dan juga merupakan kapal pertama yang dibuat di dalam negeri Tiongkok.[2][3]

Desain[sunting | sunting sumber]

Kapal induk kelas Kuznetsov

Kapal ini didasarkan pada kapal kelas Kuznetsov milik Uni Soviet, seperti kapal induk pertama Tiongkok , Liaoning, yang dibangun dari kapal kelas Kuznetsov yang belum selesai. Kapal ini sedikit dimodifikasi dan ditingkatkan dibandingkan dengan kapal Liaoning, dengan peningkatan radar dan peningkatan kapasitas penyimpanan untuk amunisi dan bahan bakar, yang memungkinkan untuk membawa lebih banyak pesawat daripada Liaoning (diperkirakan sekitar 50 dan 75 jet dan helikopter).[4] Kapal ini memiliki panjang sekitar 315 m, dengan berat sekitar 90.000 ton (120,000 ton jika bermuatan penuh). Kapal ini diyakini akan didukung oleh oleh turbin yang digerakkan oleh uap dari pendidih berbahan bakar nuklir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "China just launched a new aircraft carrier — here's how it stacks up to other world powers' - Business Insider". Business Insider. Diakses tanggal 29 April 2017. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ "China's new aircraft carrier suggests a powerful navy in the works". Popular Science. Diakses tanggal 29 April 2017. 
  3. ^ "China launches first home-built aircraft carrier". Financial Times. Diakses tanggal 29 April 2017. 
  4. ^ "China Launches First Home-Built Aircraft Carrier, Boosting Naval Power". The Wall Street Journal. 26 April 2017. Diakses tanggal 26 April 2017. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]