Kapal Induk kelas Admiral Kuznetsov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kapal induk kelas Admiral Kuznetsov (juga dikenal sebagai Proyek 1143.5, kelas Brezhnev, atau kelas Kreml [1]) hanya memiliki satu unit yang fungsional, yaitu Laksamana Armada Uni Soviet Kuznetsov. Satu-satunya kapal di kelasnya, Varyag, tidak pernah dibaktikan oleh Uni Soviet, Rusia atau Ukraina. Kapal ini dijual ke Republik Rakyat China, dan nantinya diperbaiki untuk berbakti kembali bersama Angkatan Laut RRC. [2]

Peran[sunting | sunting sumber]

Meskipun dinamai sebagai Kapal induk oleh pihak Barat, rancangan Kuznetsov sebenarnya mengimplikasikan tujuan yang berbeda dari kapal induk negara Barat. Istilah yang digunakan oleh pembuat kapal ini ialah tyazholiy avianesushchiy kreyser (TAKR atau TAVKR) - "kapal penjelajah berat pengangkut pesawat" - ditujukan untuk memberi tembakan bantuan dan melindungi kapal selam pengangkut rudal balistik strategis antar benua, kapal permukaan dan pesawat maritim yang mengangkut rudal dari armada Rusia.

Untuk persenjataan pelindung armada, Kuznetsov menggunakan rudal jelajah anti kapal P-700 Granit (nama panggilan NATO SS-N-19: Shipwerck), rudal permukaan ke udara 3K95 Kinzhal (Gauntlet), dan pesawat Su-33 (Flanker-D). Pesawat bersayap-tetap diatas Admiral Kuznetsov ditujukan untuk operasi superioritas udara untuk melindungi gugus tugas yang diterjunkan. Kapal induk ini juga mengangkut berbagai helikopter untuk peperangan anti kapal selam (ASW) serta operasi SAR.

Refrensi[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.