Kampanye Boston

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kampanye Boston
Bagian dari Perang Revolusi Amerika Serikat
The death of general warren at the battle of bunker hill.jpg
The Death of General Warren at the Battle of Bunker Hill oleh John Trumbull
Tanggal 1 September 1774–17 Maret 1776
Lokasi Boston, Lexington, Concord, Massachusetts
Hasil Kemenangan Patriot; pasukan Britania diusir dari Boston.
Pihak yang terlibat
Bendera Amerika Serikat Koloni Serikat  Great Britain
Komandan
Bendera Amerika Serikat George Washington
Bendera Amerika Serikat Artemas Ward
Bendera Amerika Serikat Israel Putnam
Bendera Amerika Serikat John Thomas
Bendera Kerajaan Britania Raya Thomas Gage
Bendera Kerajaan Britania Raya Sir William Howe
Kekuatan
7.700–16.000[1] 4.000–11.000[1]
Korban
593[1] 1,505[1]

Kampanye Boston merupakan kampanye pembuka Perang Revolusi Amerika Serikat. Kampanye ini lebih ditekankan pada mobilisasi satuan milisi Patriot dan transformasinya menjadi Angkaran Darat Kontinental yang bersatu. Konflik militer dalam kampanye ini dimulai dengan Pertempuran Lexington dan Concord pada tanggal 19 April 1775, ketika milisi berencana mencegat dan mengacaukan upaya Britania untuk merebut toko militer dan menangkap pimpinannya di Concord, Massachusetts. Seluruh ekspedisi Britania mengalami kegagalan besar selama pertempuran mundur ke Charlestown melawan sejumlah besar milisi.

Jumlah milisi yang besar yang mengelilingi kota Boston memulai Pengepungan Boston. Tindakan utama selama pengepungan tersebut, Pertempuran Bunker Hill tanggal 17 Juni 1775, adalah salah satu pertempuran paling mematikan sepanjang perang ini.[2] Ada pula beberapa pencegatan kecil dekat Boston dan pesisir Boston yang mengakibatkan kematian, kehilangan persediaan militer, atau keduanya.

Pada Juli 1775, George Washington mengambil alih komando milisi yang bersatu dan mengubahnya menjadi pasukan yang lebih teratur. Pada 4 Maret 1776, pasukan Patriot memperkuat Dorchester Heights menggunakan meriam yang dapat menjangkau Boston dan kapal-kapal Britania di pelabuhan. Pengepungan sekaligus kampanye ini berakhir pada 17 Maret 1776 yang ditandai dengan ditariknya pasukan Britania dari Boston.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Lihat Pertempuran Lexington dan Concord dan Pengepungan Boston untuk rincian jumlah pasukan dalam kampanye ini.
  2. ^ Brooks (1999), p. 237

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Chidsey, Donald Barr (1966). The Siege of Boston: An on-the-scene Account of the Beginning of the American Revolution. New York: Crown. OCLC 890813.