John Trumbull

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Trumbull
John Trumbull, dilukis oleh Gilbert Stuart, 1818
Tanggal lahir 6 Juni 1756
Lebanon, Connecticut
Tanggal wafat 10 November 1843 (umur 87)
New York, New York
Kebangsaan Amerika Serikat
Bidang Melukis
Tempat menimba ilmu dari Benjamin West
Karya Declaration of Independence (1817-1819)

John Trumbull lahir di Lebanon, Connecticut, 6 Juni 1756 – meninggal di New York, New York, 10 November 1843 pada umur 87 tahun) adalah seniman Amerika Serikat dari periode Perang Revolusi Amerika Serikat dan terkenal dengan lukisan-lukisan bersejarah karyanya. Lukisan karyanya, Declaration of Independence dipakai di sisi belakang uang kertas dua dolar.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Potret diri Trumbull, dilukis tahun 1777
Gugurnya Montgomery dalam Serangan ke Quebec (1787)

Trumbull lahir pada tahun 1756 di Lebanon, Connecticut dari ayah bernama Jonathan Trumbull yang menjabat Gubernur Connecticut dari 1769 sampai 1784, dan ibu bernama Faith {Robinson} Trumbull. Ia diterima di tingkat tiga Universitas Harvard pada usia 15 tahun dan lulus pada tahun 1773. Akibat kecelakaan semasa kecil, Trumbull kehilangan penglihatan pada mata kiri yang kemungkinan mempengaruhi ketelitian dalam gaya melukisnya.[1]

Sewaktu berdinas sebagai prajurit dalam Perang Revolusi Amerika Serikat, Trumbull menggambar peta benteng Inggris di Boston, dan menjadi saksi mata Pertempuran Bukit Bunker. Ia ditunjuk sebagai ajudan kedua Jenderal George Washington, dan ditunjuk sebagai kepala ajudan untuk Jenderal Horatio Gates pada Juni 1776. Ia mengundurkan diri dari ketentaraan pada tahun 1777.

Pada tahun 1780, ia berangkat ke London, tempatnya belajar melukis dari Benjamin West. Atas saran gurunya, Trumbull membuat lukisan-lukisan kecil bertemakan Perang Kemerdekaan Amerika Serikat dan miniatur potret. Seluruhnya ada sekitar 250 lukisan seperti itu yang dihasilkannya sepanjang hidupnya.

Pada 23 September 1780, agen Inggris Mayor John André ditangkap di Amerika Serikat, dan digantung atas tuduhan mata-mata pada 2 Oktober 1780. Berita tersebut sampai ke Eropa, dan sebagai perwira berpangkat setara dengan André di Angkatan Darat Kontinental, Trumbull dipenjara selama 7 bulan di Tothill Fields Bridewell, London.

Pada tahun 1784, ia kembali berada di London bekerja untuk Benjamin West. Di studio milik gurunya tersebut, ia melukis Pertempuran Bukit Bunker dan Gugurnya Jenderal Montgomery di Quebec. Kedua karyanya itu sekarang disimpan di Galeri Seni Universitas Yale.

Pada tahun 1785, Trumbull berangkat ke Paris, kota tempatnya melukis potret perwira-perwira Perancis dalam peristiwa Penyerahan Lord Cornwallis. Dengan bantuan Thomas Jefferson, ia mulai melukis Deklarasi Kemerdekaan yang kemudian menjadi terkenal berkat gravir karya Asher Brown Durand. Bersama karya lain darinya, Penyerahan Jenderal Burgoyne, Penyerahan Lord Cornwallis, dan Washington Resigning his Commission, lukisan Deklarasi Kemerdekaan karya Trumbull dibeli oleh Kongres Amerika Serikat. Keempat lukisan tersebut kini dipamerkan di rotunda of the Gedung Capitol, Washington, D.C.. Diduga keras Kongres hanya menyetujui cukup dana untuk membeli empat lukisan. Oleh karena itu hanya empat dari lukisan Trumbull yang dipamerkan di Gedung Capitol. Lukisan yang tidak dipasang adalah Gugurnya Jenderal Warren di Bukit Bunker, Gugurnya Jenderal Montgomery di Quebec, Capture of Hessians at Battle of Trenton, Gugurnya Jenderal Mercer di Pertempuran Princeton. The Sortie Made by the Garrison of Gibraltar, 1789 karya Trumbull yang dimiliki oleh Boston Athenaeum, sekarang berada di Metropolitan Museum of Art di New York City. Ketika berada di Paris, Trumbull berjasa memperkenalkan pelukis Italia Maria Cosway kepada Thomas Jefferson. Keduanya lalu menjadi teman akrab seumur hidup.

Puncak karier[sunting | sunting sumber]

George Washington Before the Battle of Trenton, lukisan cat minyak, sekitar tahun 1792. Galeri Seni Universitas Yale

Pada tahun 1831, Trumbull menjual satu seri yang terdiri dari 28 lukisan dan 60 potret miniatur ke Universitas Yale untuk anuitas sebesar AS$1000. Seri lukisan tersebut merupakan koleksi terbesar dari seluruh karya-karya Trumbull. Koleksi ini awalnya disimpan di galeri seni neoklasik yang didesain sendiri oleh Trumbull di Old Campus Yale bersama potret-potret dari pelukis lain.[2]

Di antara lukisan portret karya Trumbull terdapat potret seluruh badan Jenderal Washington (1790) dan George Clinton (1791) di New York City Hall. Di tempat itu juga disimpan lukisan seluruh badan Alexander Hamilton (1805, dan lukisan yang menjadi sumber dari uang kertas 10 dolar Amerika Serikat[3]) beserta lukisan John Jay, dan portret John Adams (1797), Jonathan Trumbull, dan Rufus King (1800). Lukisan Timothy Dwight dan Stephen Van Rensselaer berada di Yale, Alexander Hamilton (di Metropolitan Museum of Art dan di Boston Museum of Fine Arts, model dari keduanya adalah patung dada karya Ceracchi), potret diri yang dilukisnya sendiri pada tahun 1833, potret seluruh badan George Washington di Charleston, South Carolina, potret seluruh badan Washington mengenakan kostum militer (1792, sekarang berada di Yale), dan portret Presiden dan istri (Martha Washington) (1794) di National Museum of American History.[butuh rujukan]

Usia lanjut[sunting | sunting sumber]

Sisi belakang uang kertas dua dolar Amerika Serikat
Declaration of Independence karya John Trumbull
Prangko peringatan John Trumbull, 1968

Trumbull ditunjuk sebagai ketua American Academy of the Fine Arts, jabatan yang didudukinya selama sembilan tahun, dari 1816 hingga 1825, meskipun tidak akur dengan para siswa, dan keterampilannya sudah menurun. Akibat kurangnya dukungan yang diberikan kepada para siswa, akademi yang dipimpinnya akhirnya ditutup pada tahun 1825. Para siswa memberontak, dan mendirikan National Academy of Design.[4] Ia menerbitkan sebuah autobiografi pada tahun 1841.

Trumbull meninggal dunia New York City pada usia 87 tahun, 10 November 1843. Ia mulanya dimakamkan bersama istri di bawah Galeri Seni yang didirikannya di Universitas Yale. Pada tahun 1867, koleksi dan jasadnya dipindahkan ke gedung baru di Street Hall.[5] Galeri Trumbull kemudian dibongkar.

Tempat Kelahiran John Trumbull di Lebanon, Connecticut ditetapkan pada tahun 1965 sebagai Markah Tanah Bersejarah Nasional.

Lukisan[sunting | sunting sumber]

Galeri lukisan[sunting | sunting sumber]

Peristiwa Bersejarah[sunting | sunting sumber]

Potret[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gentleman John Trumbull". Time Magazine. 1956-10-29. Diakses 2008-02-17 
  2. ^ Yale Art Gallery: Trumbull
  3. ^ Dunlap, David W. (2006-12-06). "In New York, Taking Years Off the Old, Famous Faces Adorning City Hall". The New York Times. Diakses 2007-01-07. 
  4. ^ Dunlap, William (1918). A History of the Rise and Progress of the Arts of Design in the United States (Vol 3). C. E. Goodspeed & Co. hlm. 52–57. Diakses 2008-02-17. 
  5. ^ Trumbull Gallery at Yale

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]