Kalirandu, Petarukan, Pemalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kalirandu
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Pemalang
Kecamatan Petarukan
Kodepos 52362
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Kalirandu adalah desa di kecamatan Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.

Masyarakat Kalirandu umumnya bermata pencaharian sebagai petani. Sebagian kecil bekerja sebagai karyawan pabrik, pedagang dan sebagian lagi merantau ke Jakarta. Tingkat pendidikan masyarakat Kalirandu masih tergolong rendah, hal ini bisa dilihat dari masih sedikitnya pelajar yang meneruskan pendidikannya ke jenjang S1 (Sarjana). Faktor ekonomi membuat para orang tua tidak bisa memberikan pendidikan yang lebih bagi putra-putrinya. Walau demikian, Kalirandu telah memiliki banyak sarjana-sarjana yang telah mengabdikan dirinya, baik di instanti pemerintah maupun swasta. Masyarakat Kalirandu sebagian besar menganut aqidah Islam Ahlusunnah Waljama'ah di bawah organisasi NU.

Ada dua pondok pesantren yang menjadi ujung tombak dalam pengkaderan generasi Aswaja yaitu Pesantren Uswatun Hasanah di bawah asuhan Kyai Soleh Ahmad Alhafiz dan Pesantren Al-Furqon di bawah asuhan K.H. M. Rojum dan Ustadz Drs. Zuhri Ali. Untuk saat ini desa Kalirandu dipimpin oleh seorang Kepala desa yaitu Bp. Slamet Kardiyan, beliau terpilih sebagai Kades dengan perolehan suara yang signifikan. Slamet Kardiyan adalah sosok kepala desa yang memiliki segudang prestasi. Banyak kemajuan yang didapat berkat kepemimpinan beliau, salah satunya adalah pengaspalan jalan dari makbaroh Kalirandu sampai ke Pasar Petarukan. Beliau juga mampu mengubah pasar Krempyeng Kalirandu yang dulunya becek pada saat hujan menjadi pasar yang layak pakai dan lebih modern. Desa Kaliradu dibatasi oleh beberapa desa, antara lain sebelah selatan dan barat berbatasan dengan desa Iser, Sebelah Timur berbatasan dengan desa Pesucen, sebelah Utara berbatasan dengan desa Temuireng dan desa Bulu. Letak desa Kalirandu yang tepat di pinggir jalur Pantura memudahkan bagi warganya untuk melakukan aktivitas sehari-harinya. Pasar Krempyeng yang menjadi pasar rujukan bagi sebagian besar masyarakat Kalirandu mampu memberikan retribusi/pemasukan bagi pemerintah desa.

Di desa Kalirandu ada lima SD Negeri, satu Madrasah Ibtidaiyah, satu Madrasah Tsanawiyah dan dua pondok pesantren. SD Kalirandu 01, SD Kalirandu 02, SD Kalirandu 03, SD Kalirandu 04, dan SD Kalirandu 05, MI Salafiyah Kalirandu, MTs Al Furqon,Ponpes Uswatun Hasanah dan Ponpes Al-Furqon. Dunia pendidikan semakin maju dan berkembang hal ini menjadikan masyarakat Kalirandu semakin cinta akan pendidikan dan masyarakat mulai sadar betapa pentingnya pendidikan bagi kemajuan suatu bangsa.