Kalakatar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kalakatar
Nama lainBingka kelapa muda, Bengkang kelapa muda,
Tempat asalIndonesia
DaerahKalimantan Selatan
Dibuat olehSuku Banjar perantauan di Perak, Malaysia
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaTepung terigu, tepung beras, telur, gula, kelapa muda
Bahan yang umum digunakangaram, margarin
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kalakatar adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari suku Banjar namun lebih populer oleh orang Banjar yang merantau di Malaysia. Kalakatar juga dikenal dengan nama Bingka kelapa muda karena proses pembuatan dan bahannya mirip dengan kue Bingka.

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Arti nama Kalakatar berarti 'ketika hangat' yang berasal dari dua kata, yaitu 'kala' yang berarti ketika dan 'katar' yang berarti 'panas'[1] dan dimaksudkan kue ini dihidangkan juga dimakan saat hangat ketika baru selesai dibangkit.[2] Namun, ada juga yang menyebutkan arti kata Kalakatar adalah 'bergetar'.[3]

Cara pembuatan[sunting | sunting sumber]

Kalakatar dibuat dari air dan daging kelapa muda, tepung gandum, telur, gula dan garam. Semua bahan dicampur menjadi satu adonan hingga rata. Setelah tercampur rata, adonan kemudian disaring dan ditambahkan daging kelapa muda. Adonan dituang ke dalam loyang yang sudah dioles sedikit minyak. Selanjutnya loyang akan dipanggang dengan api atas bawah,[4] dimana api atas menggunakan bara dari sabut kelapa.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ KOSMO! (2023-04-10). "Kalakatar kuih Banjar popular di bulan puasa". Kosmo Digital (dalam bahasa Melayu). Diakses tanggal 2023-11-25. 
  2. ^ a b Malik, Malinda Abdul (2021-04-29). "Kuih Kalakatar menu wajib berbuka puasa". MalaysiaGazette (dalam bahasa Melayu). Diakses tanggal 2023-11-25. 
  3. ^ "Resep Kalakatar a.k.a bingka kelapa muda oleh Aji Devi". Cookpad. 2021-04-24. Diakses tanggal 2023-11-25. 
  4. ^ Nur (2020-08-19). "Resipi Kuih Kalakatar @ Bingka Kelapa Muda. Kuih Orang Banjar Paling Sedap!". RASA (dalam bahasa Melayu). Diakses tanggal 2023-11-25.