Kacamata hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gambaran kacamata hitam

Kacamata hitam (Inggris: Sunglasses) salah satu kacamata pelindungan untuk melindungi mata dari sinar matahari. Perbandingan untuk melindung sinar ultra violet atau infra merah berbeda mendasarkan jenis kacamata hitam. Di dalam banyak kasus, kacamata hitam digunakan untuk ski, pendakian gunung atau penyakit mata. Selain itu, kacamata hitam digunakan tujuan penyamaran.

Pada abad ke-21, pengaruh buruk sinar ultra violet dikenal dengan luas. Orang memakai kacamata hitam untuk tujuan yang tidak berdandan tetapi pelindungan mata.

Garis besar[sunting | sunting sumber]

Di Cina pada abad ke-15, seorang hakim memakai kacamata yang dicat oleh jelaga upaya tidak ditilik pikiran sebelum menjatuhkan vonis. Ini untuk pertama kali yang kacamata hitam dipakai. Pada 1931, kacamata pelindungi cahaya (Ray-Ban) dikembangan untuk melindungi mata pilot ketika dia mengemudi pesawat terbang.

Di dalam malam atau kamar, ketidakpemakaian kacamata hitam adalah tata krama umum. Akan tetapi, ada kasus yang terus memakai kacamata hitam oleh tujuan dandanan atau tujuan sembunyi bekas dan bisul mata.

Kasus yang diri sendiri ditahui oleh seorang yang sendiri tidak tahu, pemakaian kacamata hitam adalah alat baik. Oleh pemakaian kacamata hitam, karena mata disembunyikan dan sulit dikenali, orang yang termasyhur sering memakai kacamata hitam ketika pribadi. Sebaliknya, orang termashur yang selalu memakai kacamata hitam, sebaiknya tidak memakai itu pada pribadi karena orang umum tidak tahu wajah benar-benarnya.

Lalu, karena menyembunyikan mata buat sulit dipahami air muka, ada kemungkinan yang memberi kesan tekanan pada orang. Di Jepang, oleh alasan sama, pada masa gelembung ekonomi orang yang berhubungan dengan kelompok penjahat sering memakai kacamata hitam, ada kesan jahat. Entah karna itu, sekarang tokoh seperti yakuza dan mafia yang stereotip masih memakai kacamata hitam di dalam film, manga atau permainan televisi. Pada beberapa permainan, ada kasus yang semua musuh memakai kacamata hitam untuk memudahkan membedakan musuh dari rakyat umum.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Presiden Amerika Serikat, George Walker Bush (George W Bush) pernah mengejek dengan kata "Hari ini tidak ada Matahari." pada wartawan yang memakai kacamata hitam ketika wawancara dengan wartawan. Nanti, ternyata pewawancaranya punya gangguan penglihatan. Lalu, presiden memohon maaf.
  • Ketika politiks dikabaran sebagai kesan negatif misalnya diktator, sering dipakai foto atau gambar politiknya memakai kacamata hitam.
  • Penjaga Security Police atau Layanan Rahasia sering memakai kacamata hitam. Alasan itu untuk mencegah silau mata dari cahaya yang kamera komunikasi massa pada orang dijaga.