Pesohor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Selebriti)
Langsung ke: navigasi, cari

Selebriti (bahasa Inggris: celebrity) atau pesohor ialah orang terkenal lantaran terlalu dekatnya dengan dunia pemberitaan (pers). Setiap gerak langkahnya, pes tak pernah luput dari sorotan media massa. Bahkan sering menjadi sasaran empuk sebagai bahan selentingan wartawan informasi hiburan. Ada sebagian pesohor menjadi populer karena prestasi dan kiprahnya, ada pula pesohor yang populer karena kontroversi kehidupannya.

Menurut Kamus Dewan Edisi Keempat, halaman 1422, Selebriti diertikan sebagai orang yang terkenal dan menjadi tumpuan ramai, terutamanya dalam bidang hiburan seperti bintang film, pelakon dan penyanyi.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Kata celebrity sebenarnya berakar dari kata celebrate yang artinya 'rayakan', 'merayakan'. Maka tak mengherankan, seseorang yang sudah menjadi pesohor kemungkinan besar mengalami perubahan dalam hidupnya yang cenderung eksklusif, serba gemerlap (glamorous), dan dekat dengan dunia pesta (hura-hura). Sebagian dari mereka bahkan menganggap dunia gemerlap (dugem) sebagai salah satu gengsi tersendiri agar terkesan gaul. Akibatnya, dewasa ini tak jarang terdengar berita para pesohor tersangkut kasus narkoba. Namun demikian, tak semua pesohor menjalani hidup seperti itu. Banyak di antara mereka yang hidup apa adanya, dengan segudang prestasi disertai menanjaknya popularitas.

Kategori[sunting | sunting sumber]

Yang masuk dalam golongan pesohor di antara lain:

Setiap saat akan ada jenis profesi baru yang dimungkinkan akan masuk dalam golongan pesohor.