Jungur (arsitektur)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jungur (disorot dengan warna merah) melekat pada menara di gedung baronial di Skotlandia

Dalam arsitektur, jungur [1] adalah menara kecil yang menonjol secara vertikal dari dinding bangunan seperti kastil abad pertengahan . Jungur digunakan untuk memberikan posisi pertahanan yang memungkinkan untuk menutupi tembakan ke tembok yang berdekatan pada masa benteng militer . Ketika penggunaan militernya memudar, jungur digunakan untuk tujuan dekoratif, seperti dalam gaya baronial Skotlandia .

Jungur dapat memiliki puncak melingkar dengan krenelasi seperti yang terlihat pada gambar di sebelah kanan, atap runcing, atau jenis puncak lainnya. Mungkin terdapat tangga jika menonjol lebih tinggi dari bangunan; namun, menara tidak harus lebih tinggi dari bangunan lainnya; dalam hal ini, biasanya merupakan bagian dari sebuah ruangan, yang dapat dengan mudah dimasuki – lihat menara Chateau de Chaumont pada koleksi menara, [2] yang juga menggambarkan jungur di gedung pencakar langit modern.

Sebuah bangunan mungkin memiliki menara dan jungur; menara mungkin lebih kecil atau lebih tinggi, namun jungur justru menonjol dari tepi bangunan, bukan terus ke tanah. Oleh karena itu, ukuran jungur terbatas karena memberikan tekanan tambahan pada struktur bangunan. Jungur ecara tradisional didukung oleh konsol.

Di zaman modern, jungur meriam adalah dudukan senjata yang menampung awak atau mekanisme senjata yang menembakkan proyektil, sehingga senjata dapat diarahkan dan ditembakkan pada tingkat azimuth dan ketinggian tertentu. Senjata ini dapat ditemukan di kapal perang, kendaraan tempur, pesawat militer, dan benteng darat, dan biasanya menawarkan perlindungan atau perlindungan pada tingkat tertentu.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (from Italian: torretta, little tower; Latin: turris, tower)
  2. ^ Ontarioarchitecture.com
  3. ^ British Scaffold Tower Manufacturer