Joséphine dari Lorraine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joséphine
Puteri Carignan
Joséphine de Lorraine, Princess of Carignan.jpg
Pasangan Victor Amadeus II, Pangeran Carignan
Anak
Charles Emmanuel, Pangeran Carignan
Nama lengkap
bahasa Perancis: Marie Joséphine Thérèse de Lorraine
bahasa Italia: Maria Giuseppina Teresa di Lorena
Ayah Louis de Lorraine
Ibu Louise de Rohan
Lahir 26 Agustus 1753
Meninggal 8 Februari 1797 (umur 43)
Palazzo Carignano, Turin, Italia

Joséphine dari Lorraine (Marie Joséphine Thérèse; 26 Agustus 1753 – 8 Pebruari 1797) merupakan seorang puteri Perancis dari Istana Lorraine dan melalui pernikahan Puteri Carignan. Ia adalah nenek paternal Charles Albert dari Sardinia, dari siapa yang sekarang adalah keturunan Istana Savoy.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Joséphine dengan saudarinya Charlotte, pada sekitar tahun 1770

Marie Joséphine Thérèse de Lorraine adalah anak kedua dari empat anak yang lahir dari Pangeran dan Puteri Brionne. Ayahnya adalah anggota keluarga Istana Guise, sebuah cabang kadet Istana Kerajaan Istana Lorraine yang telah diserap kedalam Istana Habsburg, pria terakhir yang menikahi Maria Theresa dari Austria. Ayahnya Louis adalah buyut Henri de Lorraine, Pangeran Harcourt.[1] Sebagai anggota Istana Guise, ia diberikan gelar Yang Mulia. Ibunya adalah anggota keluarga Istana Rohan, salah satu keluarga yang paling berkuasa di Perancis. Saudara-saudaranya adalah:

  • Charles Eugène de Lorraine, Pangeran Lambesc (25 September 1751 – 11 Nopember 1825), Duta Besar Austria, yang menemani Marie Antoinette ke Perancis pada tahun 1770; menikah dua kali, tanpa keturunan;
  • Anne Charlotte de Lorraine, Mademoiselle de Brionne (11 Nopember 1755 – 22 Mei 1786), tidak menikah;
  • Joseph de Lorraine (23 Juni 1759 – 29 Maret 1812).

Pada tanggal 18 Oktober 1768 ia menikah dengan Pangeran Victor Amadeus dari Savoy, putra dan pewaris Louis Victor, Pangeran Carignan dan istrinya yang berkebangsaan Jerman Christine Henriette dari Hesse-Rotenburg. Amadeus juga saudara dari yang menikah[2] princesse de Lamballe.

Pasangan tersebut memiliki seorang anak yang lahir tepat dua tahun kemudian. Pangeran Charles Emmanuel dari Savoy lahir di Turin pada tanggal 24 Oktober 1770. Joséphine merupakan satu-satunya yang memiliki keturunan di antara saudara-saudaranya yang lain.

Ia meninggal pada usia 43 tahun di Palazzo Carignano, Turin di rumah kediaman Pangeran Carignan. Ia dimakamkan di Katedral Turin sampai tahun 1816, ketika ia dipindahkan ke Basilica di Superga di masa pemerintahan Victor Emmanuel I dari Sardinia.

Pada tahun 1831, Charles Felix dari Sardinia meninggal tanpa keturunan dan tahta Sardinia diambil oleh Pangeran Charles Albert dari Savoy sebagai Charles Albert dari Sardinia. Yang sekarang Pembela Savoyard adalah keturunan darinya dan suaminya.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Gelar[sunting | sunting sumber]

Referensi dan catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Father of the philandering Chevalier de Lorraine, lover of Monsieur - Louis XIV's only sibling
  2. ^ Princess Maria Teresa Luisa of Savoy married Louis Alexandre de Bourbon in May 1768. Louis Alexandre was a grandson of Louis XIV and Madame de Montespan

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Templat:Puteri-puteri Lorraine Templat:Puteri-puteri Savoy melalui pernikahan Templat:Puteri Carignan