Maria Angela Caterina d'Este

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maria Angela Caterina d'Este
Puteri Carignan
Maria Angela Caterina oleh seorang pengikut dari Rigaud
Kelahiran(1656-03-01)1 Maret 1656
Kematian16 Juli 1722(1722-07-16) (umur 66)
Nama lengkap
Maria Angela Caterina d'Este
AyahBorso d'Este
IbuIppolita d'Este
PasanganEmmanuel Philibert, Pangeran Carignan
Anak
Rincian
Victor Amadeus, Pangeran Carignan

Maria Angela Caterina d'Este (1 Maret 1656 – 16 Juli 1722) merupakan seorang puteri Italia, Modena yang kemudian menjadi Puteri Carignano melalui pernikahannya. Ia adalah istri Emmanuel Philibert dari Savoy, Pangeran Carignano. Di Prancis ia dikenal sebagai Angélique Catherine d'Este[1] dan di Modena dan Savoy ia dikenal sebagai Maria Caterina d'Este. Ia adalah leluhur Victor Emmanuel II dari Italia dan juga seluruh sisa anggota Keluarga Kerajaan Italia yang sekarang. Ia juga merupakan leluhur Pangeran Henri, Pangeran Paris, Adipati Prancis.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir dari Jenderal Borso d'Este dan istrinya Ippolita d'Este, Maria Angela Caterina adalah buah cinta dari pernikahan antara seorang keponakan dan paman, ayahnya adalah putra Cesare d'Este, Adipati Modena dan ibunya adalah putri Luigi d'Este, putra Cesare yang lebih muda. Sebagai anggota keluarga Istana Este, ia adalah seorang puteri Modena melalui kelahiran, ayahnya adalah "pendiri" garis keturunan agunan Istana Este.

Yang paling bungsu dari tujuh anak, ia kehilangan ayahnya pada tahun 1664; tidak jelas apabila ia mengenal ibunya. Sepupu pertamanya termasuk Francesco I d'Este, Adipati Modena, Margherita d'Este (istri Adipati Guastalla) dan Adipati Mirandola. Ia juga merupakan sepupu Isabella dan Maria d'Este, dua pewaris Adipati Wanita Parma.

Puteri yang masih sendiri itu dikenal akan kecantikannya dan memiliki bentuk tubuh yang ideal di usianya pada saat ia menikah.

Meskipun izin Victor Amadeus, Adipati Savoy, sepupu Emmanuel Philibert dan pemimpin Savoy Emmanuel Philibert mengungkapkan niatnya untuk meminang Maria Angela Caterina sebagai istrinya. Emmanuel Philibert adalah putra mendiang Thomas Francis, Pangeran Carignano dan istrinya yang berkebangsaan Prancis, Marie de Bourbon. Saudarinya adalah Puteri Janda Pewaris Baden-Baden, ibu dari seorang jenderal terkenal Türkenlouis.

Perjodohan tersebut sangat ditentang oleh Prancis, yang kemudian dibawah pimpinan Louis XIV, karena Louis XIV menginginkan Emmanuel Philibert menikahi seorang puteri Prancis karena Emmanuel Philibert[2] merupakan calon pewaris Wilayah Adipati Savoy.

Sebuah upacara dengan wali dilangsungkan di Modena[3] di mana saudaranya yang tidak menikah Caesare Ignace d'Este bertindak sebagai calon suaminya.[3] Di dalam sebuah upacara pribadi di Kastil Racconigi, di rumah musim panas Pangeran Carignano. Upacara tersebut dilangsungkan pada tanggal 10 Nopember 1684, mempelai wanita berusia 28 tahun dan mempelai prianya berusia 56 tahun.

Pernikahan ini adalah sebuah pernikahan penting bagi Istana Savoy, namun dianggap rendah oleh Kerajaan Prancis karena kekurangan koneksi politik. Louis akhirnya membuang Emmanuel Philibert dan istrinya yang baru dari istana Prancis.

Kakek Maria Angela Cesare d'Este, Adipati Modena menerima lamaran tersebut karena ia dan Emmanuel Philibert memiliki hubungan baik.[4]

Suaminya meninggal pada tahun 1709 membuat Maria Angela Caterina menjadi puteri janda Carignano. Putranya adalah Victor Amadeus yang menggantikan ayahnya sebagai Pangeran Carignano. Ia meninggal pada usia 66 tahun.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

  • Puteri Maria Isabella dari Savoy (14 Maret 1687 – 2 Mei 1767)
  • Maria Vittoria dari Savoy (12 Februari 1688 – 18 Mei 1763)
  • Pangeran Victor Amadeus dari Savoy, (1 Maret 1690 – 4 April 1741)
  • Pangeran Thomas Philippe Geatano dari Savoy (10 Mei 1696 – 12 September 1715)

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Gelar-gelar[sunting | sunting sumber]

  • 1 Maret 1656 – 10 November 1684 Yang Mulia Maria Angela Caterina d'Este, Putri Modena
  • 10 November 1684 – 21 April 1709 Yang Mulia Putri Carignan
  • 21 April 1709 – 16 Juli 1722 Yang Mulia Putri Janda Carignan

Referensi dan catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ von Rosen, Laurent Tahon. "Ducs de France: les 32 quartiers des ducs français et de leurs épouses". Googlebooks.org. Diakses tanggal 2010-04-07. 
  2. ^ at this point, the Duke of Savoy and his wife Anne Marie d'Orléans had two daughters, the future Dauphine of France (mother of Louis XV) and Queen of Spain, who were ineligible to inherit the Savoyard throne due to salic law
  3. ^ a b Maria Giovanna di Savoia Nemours: vita, ambizioni, intrighi di una reggente. Googlebooks.org. Diakses tanggal 2010-04-21. 
  4. ^ Plann, Susan. A silent minority: deaf education in Spain, 1550-1835. Googlebooks.org. Diakses tanggal 2010-04-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Maria Angela Caterina d'Este di Wikimedia Commons