Joma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joma Sport
Jenis Public
Industri/jasa Textiles
Kantor pusat Spanyol
Produk Shoes
Shirt
Accessories
Situs web joma.co.id

Joma Sport adalah perusahaan sportwear Spanyol. Didirikan pada tahun 1965 oleh Fructuoso López, Joma sekarang memiliki anak perusahaan di Amerika Serikat, Mexico, Panama, Hong Kong, Italia, Jerman, dan Inggris, dan fasilitas manufaktur di Spanyol, Meksiko, dan Cina, dengan jaringan distribusi di lebih dari 28 negara, termasuk Indonesia. López memulai perusahaan pembuatan sepatu olahraga, Kaos team untuk Sepak bola, aksesoris, dan pakaian kasual.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

  • 1965: Joma berawal dari pembuatan sepatu olahraga dengan hanya delapan karyawan
  • 1968: Joma membangun pabrik baru seluas 500 meter persegi dan dengan mempekerjakan lebih dari 20 orang. Sasaran barunya adalah rancangan perlengkapan olahraga dan pakaian santai.
  • 1980: Peresmian pabrik kedua dengan 2.000 meter persegi dan sekarang mempekerjakan 70 staf dan memiliki dua jalur baru perakitan semi-otomatis. Joma pameran untuk pertama kalinya di ISPO di Munich, Jerman.
  • 1987: Melihat perkembangan sistem suspensi CPC (Control Press Chamber). Joma mengembangkan inovasi baru untuk sepak bola profesional dengan teknologi terbaru.
  • 1988: Joma membuka pabrik ketiga dan menjadi kantor pusat dengan lebih dari 65.000 meter persegi dengan dua jalur perakitan sepenuhnya otomatis dan lebih dari 100 staf. Joma langsung tanda-tanda kontrak dengan Martín Vázquez (Real Madrid) dan Francisco (Sevilla FC).
  • 1989: Miquel Soler dan Txiki Beguiristain dari FC Barcelona dan Emilio Butragueño dari Real Madrid menandatangani kontrak dengan Joma.
  • 1990: Joma merayakan ulang tahun ke 25 dan meresmikan anak perusahaan di Niederaula, Jerman (JOMA SPORTSCHUHE VERTRIEBS GmbH). José Luis González, pemegang rekor dunia lari1.500 meter, bergabung dengan klub atletik Joma. Alfonso Pérez (Real Madrid) tanda-tangan kontrak dengan Joma. Majalah Compra Maestra Spanyol mengakui boot 512 sebagai yang paling kompetitif di pasar. Joma terus mengembangkan Koleksi tekstilnya.
  • 1992: Joma menjadi penjualan sepatu sepak bola terbesar dari Sepanyol. Fermín Cacho memenangkan medali emas untuk lari 1.500 meter pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Alfonso Pérez memenangkan medali emas untuk sepak bola dengan tim nasional Spanyol.
  • 1997: Joma menjadi brand leader di futsal, yaitu permainan yang mendominasi Dunia saat ini dan European Futsal Spain, berkat kepeloporan produk sepatu indoor mereka yang dipakai oleh para pemain dan pelatih. Selain Sepatu, Joma telah mengembangkan reputasi sebagai produsen perlengkapan tim yang berkualitas dan merek Spanyol yang pandai memilih dan menentukan adalah jelas dalam ruang lingkup mereka.
  • 2000: Ikatan hubungan yang unik dan terpercaya antara pemain dan klub di seluruh dunia selalu mencerminkan prinsip-prinsip keluarga yang kuat, yang terus mendorong keberhasilan merek Joma Sport. Joma Family termasuk nama seperti Deportivo de La Coruña dan Sevilla FC dari La Liga Spanyol, di samping tim nasional Honduras dan Kosta Rika, sedangkan pemain seperti Francisco Pavón, Ivan Helguera, dan Javier Portillo dari Real Madrid memakai sepatu Joma . Produk Joma diproduksi menggunakan mesin terbaru dan teknologi maju, dan dibuat oleh tim desainer ahli bekerja sama dengan pemain sepak bola profesional dan tim dokter spesialis, teknisi medik olahraga, terapis fisik, dan biomekanik.
  • 2003: Joma hubungan dengan Britania Raya yang lebih diperkuat pada tahun 2003 dengan pembukaan anak perusahaan Joma-Inggris, di Leamington Spa. Charlton Athletic bergabung dengan Joma.
  • 2005: Joma memproduksi perlengkapan team Cardiff City dan Derby County dari awal musim 2005/06, sementara Rory Delap dari Klub Southampton, Naybet dari KlubTottenham dan Inigo Idiakez dari Derby County, semua adalah bagian dari keluarga Joma.
  • 2006: Joma telah memperpanjang kemitraan dengan Charlton Athletic dengan menandatangani kontrak empat tahun untuk melanjutkan sebagai Suplayer resmi perlengkapan team.
  • 2009: Joma telah menandatangani kontrak dua tahun dengan Leicester City untuk menjadi Suplayer resmi perlengkapan team. Joma telah menandatangani kesepakatan dengan Germinal "De Ploeg van 't Stad" Beerschot. Mereka adalah satu-satunya team Belgia yang bermain di Divisi Utama.

Berawal dari perusahaan yang sederhana terdiri dari delapan tenaga kerja yang handal di Toledo, Joma sekarang memiliki anak perusahaan di Amerika Serikat, Mexico, Panama, Hong Kong, Italia, Jerman dan Inggris, dengan jaringan distribusi di lebih dari 28 negara.

Joma saat ini merupakan pemasok perlengkapan tim resmi untuk St Johnstone FC, Leicester City FC, Perak, Sevilla FC, Charlton Athletic FC, FK Vojvodina Novi Sad, Getafe, Independiente Medellin, Persib Bandung dan klub sepak bola lainnya. Joma juga merupakan pemasok resmi perlengkapan tim sepak bola nasional untuk Honduras, dan Nikaragua.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]