John Lockwood Kipling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John Lockwood Kipling
Potret dari J. Lockwood Kipling, oleh Hollinger.
Potret dari J. Lockwood Kipling, oleh Hollinger.
Lahir(1837-07-06)6 Juli 1837
Pickering, North Yorkshire, Britania Raya
Meninggal26 Januari 1911(1911-01-26) (umur 73)
Tisbury, Wiltshire, England
PekerjaanPengajar seni, ilustrator, kurator musium
John Lockwood Kipling dan Rudyard Kipling, c.Tahun 1890.

John Lockwood Kipling, C. I. E. [1] (6 juli 1837 – 26 januari 1911), adalah seorang guru seni, ilustrator, dan kurator museum yang menghabiskan sebagian besar kariernya di Inggris India. Dia adalah ayah dari penulis Rudyard Kipling.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Lockwood Kipling lahir di Pickering, North Yorkshire, anak dari seorang Prancis (Lockwood) dan Pendeta Joseph Kipling,[2] dan dididik di Sekolah Woodhouse Grove,sebuah sekolah asrama Metodis . Ia bertemu istrinya Alice MacDonald saat bekerja di stoke-on-trent, Staffordshire, di mana desain nya masih dapat dilihat pada tampilan depan Wedgwood Institute.[3]

Alice adalah putri dari seorang pendeta Metodis, Pendeta George Browne Macdonald. Kipling menikah pada tahun 1865 dan pindah bersama istrinya ke India, di mana ia telah ditunjuk sebagai profesor arsitektur patung di Sekolah Seni Jeejeebhoy di Bombay (sekarang Mumbai), dan kemudian menjadi kepala sekolah.[3]

Tidak lama kemudian anak mereka lahir, tepatnya pada bulan Desember 1865, dan dibaptis dengan nama Rudyard dari nama tempat Rudyard, Staffordshire, tempat di mana orang tuanya pertama kali bertemu;[3] putri mereka, Alice Kipling lahir pada tahun 1868. Pada 1870-1872 Kipling ditugaskan oleh pemerintah untuk melakukan perjalanan menuju Punjab, Frontier Barat Laut dan Kashmir, kemudian membuat serial sketsa dari pengerajin India untuk pemandangan kuno di daerah ini.[3] Sekarang beberapa dari sketsa ini berada di Museum Victoria dan Albert sementara yang lain dicetak dalam sejumlah buku.[3]

Pada tahun 1875, Kipling diangkat Kepala sekolah dari Mayo School of Arts, Lahore, India Britania (sekarang National College of Arts, Pakistan) dan juga menjadi kepala dari Museum Lahore yang asli. Musium ini digambarkan sebagai Rumah Ajaib (Ajaib Ghar dalam Novel Kim),[4] namun tidak memiliki hubungan dengan yang sekarang.[5] Beliau pensiun dan kembali ke Inggris pada tahun 1893.

John Kipling sering kali mengilustrasikan buku-buku Rudyard Kipling, dan juga karya-karya lain, seperti Tales of the Punjab oleh Flora Annie Baja. Dia juga bekerja pada dekorasi untuk Museum Victoria dan Albert di London dan dekorasi friezes pada Pasar Crawford di Bombay. Dekorasi dari Crawford Mark dikerjakan oleh beliau dengan gaya Romano-gotik. Pintu masuk bagian barat menampilkan gambaran pedagang dan karung-timbangan dengan porter, petani dan pembawa air di sekitar kepala sumur, sedangkan bagian timur memiliki beberapa gerobak lembu.[6] John Kipling merancang seragam dan dekorasi untuk Perkumpulan Imperial di Delhi pada tahun 1877, yang diselenggarakan oleh Raja muda India, Lord Lytton, di mana Ratu Victoria dinyatakan menjadi Permaisuri India.

Selama masa jabatannya sebagai Kepala sekolah dari Sekolah Seni Mayo, Lahore, beliau mengedukasi pengerajin tradisional melalui pelatihan dan magang sehingga mengubah mereka menjadi pengerajin dan desainer. Salah satu anak didiknya adalah Bhai Ram Singh, yang membantu dia dalam penugasan kerajaannya untuk dekorasi Kamar Durbar di Osborne House. Kipling juga merupakan redaktur tetap dari Jurnal Seni dan Industri India (Journal of Indian Art and Industry), yang menerbitkan gambar yang dibuat oleh mahasiswa dari Sekolah Mayo.

Beliau meninggal pada tahun 1911, dan dimakamkan di Paroki Tisbury, Wiltshire.[7]

Karya-karya utama yang diterbitkan[sunting | sunting sumber]

  • Binatang dan Manusia di India: Sketsa Populer India Binatang dalam Hubungan Mereka dengan orang-Orang, yang Diterbitkan oleh Macmillan & Co, London, tahun 1891.
  • Inezilla: Asmara dalam Dua Bab, oleh J. L. K. Dicetak ulang dari Bunglon, Allahabad, [1873].
  • Di seberang Perbatasan: Atau, Pathân dan Biloch, oleh Edward Emmerson Oliver, Ilustrasi oleh John Lockwood Kipling. Diterbitkan oleh Chapman and Hall, tahun 1890.
  • Tales of the Punjab yang Diceritakan oleh orang-Orang, oleh Flora Annie Webster Baja, Richard Carnac Temple, John Lockwood Kipling. Diterbitkan oleh Macmillan and co., 1894.
  • Dua Jungle buku-Buku, oleh Rudyard Kipling. Ilustrasi oleh J. Lockwood Kipling, C. I. E. dan W. H. Drake. Diterbitkan oleh Doubleday, Doran & Company, Inc., New York, Tahun 1893.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John Lockwood Kipling, C.I.E. New York Times, 24 January 1892.
  2. ^ John Lockwood Kipling thepeerage.com.
  3. ^ a b c d e Drawing by John Lockwood Kipling, and Biography Diarsipkan 2009-04-21 di Wayback Machine. Victoria & Albert Museum.
  4. ^ Tarin, O, in 'The Kipling Journal', June 2008, pp 10-21
  5. ^ For details see Peter Hopkirk, Quest for Kim:In Search of Kipling's Great Game London: J Murray, 1996
  6. ^ Steggles, Mary Ann; Barnes, Richard (2011). British Sculpture in India: New Views and Old Memories. Norfolk: Frontier. hlm. 235. ISBN 978-1-872914-41-1. 
  7. ^ Papers of John Lockwood Kipling University of Sussex.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Pater John Lockwood Kipling Hidupnya dan Kali 1837-1911, oleh Arthur R Ankers, ISBN 1-871044-00-6
  • Kipling Makalah: Daftar Makalah John Lockwood Kipling 1837-1911, Joseph Rudyard Kipling 1865-1936, dan Beberapa Makalah dari Josephine, Elsie dan John Kipling dari Wimpole Hall, Cambridge. oleh University of Sussex Perpustakaan. Naskah Bagian, Rudyard Kipling. Diterbitkan oleh University of Sussex Perpustakaan, 1980. ISBN 0-85087-014-3.
  • Resmi Kronik dari Mayo School of Art: tahun-tahun formatif di bawah Lockwood Kipling. (1875 untuk 1893), Diteliti dan Diperkenalkan oleh Nadeem Umar Tarar. Samina Choonara (editor). National College of Arts, Lahore, 2003, ISBN 969-8623-00-0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]