Johannes Wouter Boutmy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Johannes Wouter Boutmy
Informasi pribadi
Tanggal lahir 29 April 1894
Tempat lahir Georgetown, Negeri-Negeri Selat (kini Malaysia)
Tanggal meninggal 26 Juli 1972 (umur 78)
Tempat meninggal Verona, Amerika Serikat
Informasi klub
Klub saat ini berhenti
Karier senior*
Tahun Tim Tampil (Gol)
Bekas klub HBS-Craeyenhout
Tim nasional
1912-1914 Belanda 10 0(1)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik.

Johannes Wouter "Joop" Boutmy (lahir di Georgetown, Negeri-Negeri Selat (kini Malaysia), 29 April 1894 – meninggal di Verona, Amerika Serikat, 26 Juli 1972 pada umur 78 tahun) adalah pemain sepak bola (amatir) Belanda yang meraih medali perunggu dalam Olimpiade Musim Panas 1912.

Sebelum bermain sepak bola, Boutmy bekerja di perkebunan yang berada di Hindia-Belanda (kini Indonesia). Kemudian ia menjadi makelar di New York City (AS).

Dalam pertandingan Olimpiade, ia bermain dalam tim nasional sepak bola Belanda, bersama-sama dengan Piet Bouman, Nico Bouvij, Jan Gualtherus van Breda Kolff, Cees ten Cate, Constant Willem Feith, Ge Fortgens, Just Gobel, Victor Albert Gonsalves, Huug de Groot, Arnold Horburger, Johannes Marius de Korver, Wiet Ledeboer, Dirk Lotsij, Dolf van der Nagel, Jan van der Sluis, Jan Vos, David Wijnveldt, dan Nico de Wolf. Pada pertandingan tersebut, ia berposisi sebagai gelandang tengah ketika bertanding melawan Austria (perempat final; 3-1) dan Denmark (seminal; 1-4) dan sebagai gelandang kiri ketika melawan Finlandia (playoff tempat ketiga; 9-0). Setelah itu, ia ikut dalam 10 pertandingan internasional dan mencetak sekali gol.

Setelah karier sepak bolanya berakhir, ia pindah ke AS, dan menetap di sana hingga akhir hayatnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]