Joel Roberts Poinsett

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joel Roberts Poinsett
Menteri Perang Amerika Serikat ke-15
Masa jabatan
7 Maret 1837 – 5 Maret 1841
Presiden Martin Van Buren
Didahului oleh Lewis Cass
Digantikan oleh John Bell
Menteri Amerika Serikat ke Meksiko
Masa jabatan
1825–1829
Didahului oleh John H. Robinson (sebagai Agen Diplomatik Khusus)
Digantikan oleh Anthony Butler (sebagai Kuasa Usaha)
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat dari Carolina Selatan distrik ke-1
Masa jabatan
4 Maret 1821 – 7 Maret 1825
Didahului oleh Charles Pinckney
Digantikan oleh William Drayton
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Carolina Selatan
Masa jabatan
1830–1831
Petahana
Mulai menjabat
1816
Informasi pribadi
Lahir 2 Maret 1779
Charleston, Carolina Selatan, AS
Meninggal 12 Desember 1851 (umur 72)
Stateburg, Carolina Selatan, AS
Partai politik Demokratik
Suami/istri Mary Izard Pringle
Profesi Dokter, Botani, Politikus

Joel Roberts Poinsett (lahir di Charleston, South Carolina, 2 Maret 1779 – meninggal di Stateburg, South Carolina, 12 Desember 1851 pada umur 72 tahun) adalah seorang dokter sekaligus botanis dan politikus Amerika Serikat. Ia pernah menjabat anggota Dewan Perwakilan Amerika Serikat, Duta Besar Amerika Serikat untuk Meksiko yang pertama (Amerika Serikat belum menunjuk duta besar hingga tahun 1896), Menteri Pertahanan pada masa Presiden Martin Van Buren, serta sebagai salah seorang pendiri Lembaga Nasional untuk Kemajuan Ilmu dan Seni Terapan (nantinya menjadi Institusi Smithsonian). Namanya diabadikan menjadi nama daerah di Arkansas (Poinsett County, Arkansas), nama jembatan bersejarah (Jembatan Poinsett di Greenville County, South Carolina), dan nama tanaman kastuba dalam bahasa Inggris (poinsettia) yang umum dipakai sebagai hiasan Natal.

Lahir tahun 1779 di Charleston, South Carolina, ayahnya bernama Dr. Elisha Poinsett dan ibunya bernama Ann Richards. Pendidikan ditempuhnya di Connecticut dan Eropa hingga menjadi ahli kedokteran dan hukum. Poinsett termasuk orang Amerika pertama yang berwisata ke Timur Tengah. Pada tahun 1806, seorang khan di Persia memperlihatan kolam minyak mentah kepadanya. Menurut perkiraannya suatu hari bisa dijadikan bahan bakar.[1] Pekerjaan sebagai "agen khusus" ke negara-negara Amerika Selatan dijalaninya dari 1810 hingga 1814. Presiden James Madison mengutusnya pada tahun 1809 untuk menyelidiki kemungkinan terjadinya revolusi di negara-negara yang sedang berjuang untuk kemerdekaan dari Spanyol.

Setelah kembali di tanah kelahirannya, South Carolina pada tahun 1815, Poinsett mencalonkan diri, dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Negara Bagian dari tahun 1816 hingga 1820. Selain itu, ia juga menjadi anggota Dewan Pekerjaan Umum South Carolina dari tahun 1818 hingga 1820. Dari tahun 1822 hingga 1826, ia mewakili South Carolina di Dewan Perwakilan Amerika Serikat. Semasa menjadi anggota Kongres, Poinsett juga bertugas sebagai duta luar biasa untuk Meksiko dari tahun 1822 hingga 1823. Pada tahun 1825, ia ditunjuk sebagai menteri Amerika yang pertama untuk Meksiko, dan terlibat kekacauan politik di Meksiko hingga dipanggil pulang pada tahun 1830.

Semasa bertugas di Meksiko, Poinsett mengunjungi wilayah bagian selatan Meksiko yang disebut Taxco del Alarcon, dan menemukan spesies tanaman yang nantinya disebut poinsettia (bahasa Indonesia: kastuba). Orang Aztec menyebut tanaman yang berbunga di musim dingin tersebut sebagai cuetlaxochitl, dan ahli botani memberikan nama binomial Euphorbia pulcherrima yang berarti "Euphorbia yang paling indah". Poinsett yang juga seorang botanis amatir mengirimkan sampel tanaman tersebut ke Amerika Serikat, dan pada tahun 1836, tanaman tersebut secara luas dikenal orang sebagai "poinsettia".

Pada tahun 1830, Poinsett pulang ke South Carolina untuk mendukung usaha pihak Unionis dalam krisis nulifikasi. Ia juga kembali menjadi anggota dewan perwakilan negara bagian dari tahun 1830 hingga 1831. Sesudah itu, ia menikah dengan Mary Izard Pringle pada tahun 1833.

Poinsett menjabat Menteri Pertahanan dari 7 Maret 1837 hingga 5 Maret 1841. Di masa jabatannya, ia memimpin pemindahan besar-besaran penduduk asli Amerika dari sebelah barat Mississippi, dan berperan dalam Perang Seminole. Jasa-jasa lainnya termasuk mengurangi terpencarnya kekuatan Angkatan Darat dengan memusatkan kekuatan di lokasi tertentu, dan melengkapi persenjataan resimen artileri sesuai wewenang yang diberikan akta organisasi angkatan bersenjata 1821. Setelah pensiun, ia kembali ke perkebunannya di Georgetown, South Carolina, pada tahun 1841.

Poinsett termasuk salah seorang pendiri ketika Lembaga Nasional untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Seni Terapan didirikan pada tahun 1840. Lembaga didirikan oleh sekelompok politisi yang mendukung pemanfaatan kekayaan warisan Smithson untuk mendirikan museum nasional. Fungsi museum direncanakan sebagai ruang pamer pusaka negara dan peninggalan dari pemimpin politik Amerika Serikat, sarana promosi teknologi Amerika, dan dokumentasi sumber daya di Amerika Utara. Usaha kelompok Poinsett akhirnya kalah dari kelompok lain yang ingin lembaga dipimpin oleh ilmuwan dan bukan politisi. Lembaga tersebut nantinya disebut Institusi Smithsonian.

Joel Roberts Poinsett tutup usia di Stateburg, South Carolina pada tahun 1851. Makamnya terletak di Pekuburan Gereja Holy Cross Episcopal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oren, M. Power, Faith, and Fantasy--America in the Middle East 1776 to the Present, hlm. 49, Norton, 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]