Jin Abyadah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jin Abyadah adalah salah satu sahabat Muhammad dari kalangan jin muslim. Menurut Ibnu Hajar, ia termasuk sejumlah jin yang masuk Islam di hadapan Muhammad. Jin yang satu ini disebutkan dalam kitab Sunan Abu 'Ali al-Asy'ats, salah satu perawi hadis yang matruk (ditinggal) dan muttham (dituduh berdusta). Dengan jalur riwayat dari Ahli al-Bait, Abu 'Ali mengatakan bahwa Muhammad bersabda kepada 'Aisyah, "Allah telah menghinakan setanmu".

Penggalan hadis tersebut menyebutkan, "Namun Allah menolongku atasnya sampai dia masuk Islam. Namanya adalah Abyadah. Dia kelak akan berada disurga, demikian pula jin Hammah ibn Him ibn Laqis ibn Iblis.[1][2] Pada bagian sebelumnya Ibnu Hajar telah menegaskan yang satu ini. Walhasil, mereka yang muslim seperti ditegaskan Muhammad akan masuk surga.[3]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ahmad ibn Ali ibn Hajar al-'Asqalani(w,852), al-Ishabah fi Tamyiz al-Shahabah,, Tahqiq: 'Adil Ahmad Abd al-Maujud, (1995). Al-Ishabah fi Tamyiz al-Shahabah. Beirut: Darul Kutub al-'Ilmiyyah. 
  2. ^ Hadis ini juga diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya , Jilid 1, hal 397. Dalam naskah lain, nama jin tersebut adalah Ham ibn Haimah
  3. ^ Dr. Samia Abdul Aziez Menisi (Cetakan I,2016). Jin-Jin Muslim Sahabat Nabi. PT Serambi Semesta Distribusi Jl. Jeruk Purut No. 51, Rt.005/03 Jakarta 12560: Qalam. hlm. 151–152. ISBN 978-602-60054-5-8.