Jiji Maa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jiji Maa
GenreSoap opera
PembuatJay Mehta
Kinnari Mehta
Ditulis olehMayur Puri
SutradaraRohit Raj Goyal
Abinaash Sharrma Creative Director Trivendra Singh
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. episode418
Produksi
ProduserJay Mehta
Lokasi produksiMumbai
Pengaturan kameraMulti Camera
Durasi21 menit
Rumah produksiJay Production
Rilis asli
JaringanSTAR Bharat
Rilis09 Oktober 2017 (2017-10-09) –
18 Februari 2019 (2019-02-18)
Acara terkait
Lakshmi Kalyanam
Seetha Kalyanam

Jiji Maa adalah serial televisi India yang diproduksi oleh Jay Productions yang ditayangkan di Star Bharat mulai 9 Oktober 2017 hingga 18 Februari 2019.[1] Diadaptasi dari serial Telugu, Lakshmi Kalyanam. Serial ini dibintangi oleh Tanvi Dogra, Dishank Arora, Bhavika Sharma dan Shubhashish Jha.[2] Kisah serial ini berlatar di Jaipur,[3] Serial ini berputar di sekitar dua saudara perempuan.[4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Falguni dan Niyati Purohit adalah saudara perempuan dari keluarga miskin yang dinafkahi oleh ibu mereka. Ibu mereka meninggal dan meninggalkan Niyati dalam perawatan Falguni dan memberitahunya bahwa dia sekarang adalah Jiji Maa (Adik Ibu) Niyati. Falguni bekerja untuk mendanai pendidikan Niyati, namun tetap buta huruf.

Bertahun-tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Falguni dan Niyati yang sudah dewasa bertemu Uttara Devi Rawat, seorang wanita pemarah dan sombong yang membenci orang miskin. Falguni bertengkar dengan Uttara dan kemudian meminta maaf kepada sopirnya, Suresh. Uttara yang dipermalukan bersumpah untuk membalas dendam pada saudara perempuannya. Suresh, yang sebenarnya adalah putra sulung Uttara, Suyash, jatuh cinta pada Falguni. Niyati mencoba bunuh diri namun dihentikan oleh Falguni yang kaget saat mengetahui Niyati sedang mengandung anak mantan pacarnya. Mantan pacarnya ternyata adalah Vidhaan, putra bungsu Uttara devi.

Falguni membantu Vidhaan dan Niyati bersatu kembali. Uttara terpaksa menerima mereka setelah Vidhaan mencoba bunuh diri. Kemudian terungkap bahwa Uttara sebenarnya adalah bibi dan ibu tiri dari pihak ibu Suyash. Dia menemukan surat wasiat yang mewariskan seluruh properti Rawat kepada Suyash dan berencana menikahkannya dengan wanita mandul sehingga dia tidak akan pernah memiliki anak yang dapat mewarisi.

Falguni dan Suresh jatuh cinta. Uttara meminta Falguni menikahi putra sulungnya, Suyash, dan menandatangani perjanjian bahwa dia tidak akan pernah memiliki anak dan baru setelah itu dia akan menyetujui pernikahan Niyati dan Vidhaan. Falguni setuju dan putus dengan Suresh. Niyati mencoba menghentikan Falguni namun gagal. Pada hari pernikahan, Suyash dan Falguni mengetahui bahwa mereka akan menikah dan terkejut.

Falguni mencoba memenangkan hati Suyash tapi semuanya sia-sia. Dia mulai bekerja dengan kalaakaar di pabrik tekstil keluarga Rawat dan memenangkan hati mereka untuk membantu mereka mendapatkan pekerjaan kembali dari Uttara, sehingga membuat Suyash terkesan. Dia kemudian membantu Suyash melacak ibu kandungnya, Gayatri, yang dituduh melakukan pembunuhan dan dibenci oleh ayah Suyash, Jayant, karena kesalahpahaman yang dibuat oleh Uttara. Hal ini membuat mereka lebih dekat dan dia menerima bahwa dia pasti punya alasan untuk menolaknya.

Seorang anak bernama Chiku dibawa ke Rumah Rawat dan diturunkan menjadi anak haram Suyash dengan Shreya. Shreya memalsukan kematiannya dan meminta Falguni berjanji padanya bahwa dia akan membesarkan Chiku sebagai anaknya sendiri dan tidak memiliki anak sendiri. Uttara membawa Falguni ke Mumbai untuk histerektomi di mana Falguni melihat Shreya masih hidup dan sehat dan menemukan Shreya bekerja dengan Uttara. Dia menyusun rencana rumit untuk mengungkap niat jahat Uttara di hadapan keluarga. Akhirnya, dia berhasil dengan memalsukan kematian Vidhaan yang menyebabkan Uttara yang putus asa mengakui kejahatannya. Dia dikirim ke penjara tetapi segera melarikan diri. Namun, saat Vidhaan menolaknya, dia menjadi kesal dan terlihat terjatuh dari tebing.

Saudara kembar Falguni yang telah lama hilang, Piyali, memasuki kehidupan mereka dengan keinginan untuk menghancurkan Falguni. Piyali mengambil alih pabrik tekstil Rawat dan mengundang Uttara untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Dia mampu mengubah Niyati melawan Falguni. Ketika Suyash didiagnosis menderita kanker paru-paru, dia memutuskan untuk menjauhkan diri dari Falguni. Piyali mulai mendekatinya, membantunya dalam perawatan dan membuat Falguni kesal. Suyash melayani Falguni dengan surat cerai meski masih mencintainya. Falguni menemukan bahwa Uttara dan Piyali mengarang diagnosis kanker Suyash tetapi tidak dapat memberitahukannya tepat waktu dan Suyash akhirnya menikahi Piyali. Falguni menikahi kekasih Piyali, Karma, untuk membuatnya cemburu dan Pyaali akhirnya menyerah dan siap meninggalkan Suyash. Uttara mencoba memanipulasi Karma agar tetap bersama Falguni tetapi Falguni membantunya melihat kebenaran. Piyali meninggalkan rumah Rawat bersama Karma dan Falguni serta Suyash bersatu kembali setelah banyak rintangan.

Bibi Suyash dan Vidhaan, Haryali, mengunjungi keluarga tersebut dan memberi tahu mereka bahwa menurut mimpinya, keluarga Rawat harus memiliki anak dalam sepuluh bulan atau keluarga tersebut akan hancur. Terungkap bahwa rahim Niyati rusak karena kecelakaan dan kecil kemungkinannya dia hamil. Haryali secara emosional memanipulasinya untuk meninggalkan Vidhaan demi kemajuannya sendiri. Uttara mencoba untuk menunda pernikahan Falguni dan Suyash tetapi Falguni hamil dan melahirkan seorang anak laki-laki bernama Govind. Namun, Govind diduga meninggal dalam kecelakaan. Suyash menyalahkan Falguni dan menuduh dia hanya peduli menjadi Jiji Maa bagi saudara perempuannya. Dia mengusirnya dari rumah dan Niyati mengikuti saudara perempuannya dan meninggalkan Vidhaan.

7 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Falguni adalah salah satu pengusaha wanita paling terkemuka dengan perusahaannya Jiji Maa Textiles dan menjadi lebih modern sementara Suyash menjadi pengusaha arogan. Govind diturunkan telah dibesarkan oleh preman lokal Chamki dan Devraj sebagai Laddoo, seorang pencopet.

Uttara tinggal bersama Falguni dan Niyati dan terlihat tidak sehat secara mental. Pengusaha saingannya, Abhishek, mencoba merusak reputasi Suyash tetapi gagal. Dia bekerja sama dengan Uttara yang berpura-pura gila dan ingin menyakiti Suyash. Mereka menyewa Devraj untuk membunuh Suyash. Falguni berhasil menyelamatkannya setiap saat. Setelah berulang kali gagal, Devraj akhirnya membunuh istrinya sendiri untuk menyelamatkan dirinya. Falguni menemukannya saat dia sekarat dan Chamki mengatakan kepadanya bahwa Laddoo sebenarnya bukan anak mereka sendiri.

Falguni menyadari Govind adalah anaknya dan pergi untuk memberitahu Suyash tapi dia menyuruhnya pergi. Setelah Abhishiek menghubungi Falguni dan memberitahunya bahwa dia memiliki Laddoo dan dia harus membunuh Suyash untuk mendapatkan Laddoo. Falguni berpura-pura telah membunuh Suyash dan pergi mencari Laddoo tetapi Devraj dan Abhishek menangkapnya dan berencana membunuhnya. Suyash menyelamatkan mereka. Polisi menangkap Abhishek dan Devraj. Falguni, Suyash dan Govind bersatu kembali.

Suyash mengadakan pesta untuk merayakan kembalinya anak mereka. Uttara muncul dan mencoba membunuh mereka. Rencananya menjadi bumerang dengan bantuan Laddoo dan Uttara meninggal karena kecelakaan kebakaran. Pertunjukannya mengambil lompatan cepat, di mana keluarga Rawat diperlihatkan hidup bahagia. Niyati mengungkapkan bahwa dia dan Vidhaan berencana mengadopsi bayi dan beginilah akhir acara Jiji Maa.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Tanvi Dogra sebagai Falguni Purohit Rawat: saudara perempuan Niyati dan Piyali; istri Suyash; ibu Govind (2017–2019)[5][6]
  • Dishank Arora sebagai Suyash Rawat: putra Jayant dan Gayatri; Keponakan dan anak tiri Uttara; saudara tiri Vidhaan; suami Falguni; ayah Govind (2017–2019)[6]
  • Bhavika Sharma sebagai Niyati Purohit Rawat: saudara perempuan Falguni dan Piyali; Istri Vidhan (2017–2019)[7]
  • Shubhashish Jha sebagai Vidhaan Rawat: putra Jayant dan Uttara; saudara tiri Suyash; Suami Niyati

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Rajeev Paul sebagai Jayant Rawat: Saudara laki-laki Haryali; Suami Gayatri dan Uttara; Ayah Suyash dan Vidhan; Kakek Govind[8]
  • Pallavi Pradhan sebagai Uttara Choksi Rawat: saudara perempuan Gayatri; Istri kedua Jayant; bibi dan ibu tiri Suyash; ibu Vidhaan[9]
  • Urfi Javed / Charu Asopa sebagai Shravani "Piyali" Purohit: saudara perempuan Falguni dan Niyati yang telah lama hilang; Bunga cinta Karma[10]
  • Naveen Pandita sebagai Karma: Bunga cinta Piyali
  • Krutika Desai Khan sebagai Haryali Rawat: saudara perempuan Jayant[11]
  • Gauransh Sharma sebagai Govind "Laddoo" Rawat: Putra Falguni dan Suyash
  • Randheer Rai sebagai Abhishek Sanghvi: Saingan bisnis Suyash[12]
  • Rashmi Singh sebagai Shreya: Teman kuliah Suyash
  • Ayesha Vindhara sebagai Chiku: Putri Shreya
  • Anjali Gupta sebagai Gayatri Choksi Rawat: saudara perempuan Uttara; Istri pertama Jayant; ibu Suyash; Nenek Govind

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Bahasa Judul Rilis asli Saluran Terakhir ditayangkan Catatan
Telugu Lakshmi Kalyanam
లక్ష్మీ కళ్యాణం
7 November 2016 Star Maa 10 Oktober 2020 Asli
Tamil Lakshmi Kalyanam
லட்சுமி கல்யாணம்
7 Februari 2017 Star Vijay 23 Juni 2017 Remake
Kannada Sindhoora
ಸಿಂಧೂರ
20 Maret 2017 Star Suvarna 23 April 2020
Bengali Mayar Badhon
মায়ার বাঁধন
29 Mei 2017 Star Jalsha 17 Juni 2018
Hindi Jiji Maa
जीजी माँ
9 Oktober 2017 Star Bharat 18 Februari 2019
Malayalam Seetha Kalyanam
സീതാകല്യാണം
10 September 2018 Asianet 10 September 2021

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jiji Maa starts from 9th October, Mon-Fri on Star Bharat". DTH Fourm. Diakses tanggal 12 October 2017. 
  2. ^ "'Jiji Maa' cast visit Shirdi to seek blessings". The Times of India. Diakses tanggal 9 October 2017. 
  3. ^ "Jiji Maa and Beechwale Bapu Dekh Raha Hai shows to go off air in mid-February - Times of India". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-03. 
  4. ^ "This new TV show 'Jiji Maa' is all about loving your sisters". Mid-Day.Com. Diakses tanggal 5 October 2017. 
  5. ^ "Tanvi Dogra: Never thought I'd play mother so soon". Mid-Day (dalam bahasa Inggris). 2018-12-12. Diakses tanggal 2019-09-03. 
  6. ^ a b "'Jiji Maa' actors on a forced break - The Times of India". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-03. 
  7. ^ "Here's what Falguni aka Tanvi Dogra has to say about donning a Haryanvi avatar in Jiji Maa". India Today (dalam bahasa Inggris). Ist. Diakses tanggal 2019-09-03. 
  8. ^ "Parents' blessings got me 'Jiji Maa': Rajev Paul (TV Snippets)". Business Standard India. 12 October 2017. Diakses tanggal 12 October 2017. 
  9. ^ "Pallavi Pradhan: Having a different experience as vamp". PINKVILLA (dalam bahasa Inggris). 15 October 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 August 2022. Diakses tanggal 2019-09-03. 
  10. ^ IANS (2018-09-03). "Charu replaces Urfi in 'Jiji Maa'". Business Standard India. Diakses tanggal 2019-09-03. 
  11. ^ "Krutika Desai all set to enter Jiji Maa". India Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-03. 
  12. ^ AuthorIANS. "Randheer Rai to play negative lead in 'Jiji Maa'". Telangana Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-03.