Jesse Woodson James

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jesse James
Lahir Jesse Woodson James
5 September 1847
Clay County, Missouri, Amerika Serikat
Meninggal 3 April 1882 (umur 34)
St. Joseph, Missouri, Amerika Serikat
Kebangsaan Amerika Serikat
Dikenal karena Perampokan
Pasangan Zerelda Mimms
Anak Jesse E. James, Mary James Barr

Jesse Woodson James, "Dingus", (lahir di Kearney, Missouri, Amerika Serikat, 5 September 1847 – meninggal di Saint Joseph, Missouri, Amerika Serikat, 3 April 1882 pada umur 34 tahun) adalah seorang prajurit Konfederasi dan penjahat terkenal Amerika Serikat.

Kehidupannya yang luas dan juga sebagai perampok telah divisualisasikan dalam sejumlah film dan balada. Ia adalah anggota pasukan gerilya William Quantrill pada masa Perang Saudara Amerika.

Menikah pada tanggal 24 April 1875 dengan Zerelda Mimms. Mereka memiliki 2 anak.

Jesse dibunuh oleh Robert Newton Ford yang sebenarnya adalah anggota kelompoknya, Geng James-Younger. Pada tanggal 3 April 1892, setelah sarapan, Robert Ford, Charley Ford dan Jesse James siap berangkat untuk memulai merampok lagi, keluar masuk rumah untuk menyiapkan kuda. Hari itu sebenarnya panas; James melucuti mantelnya, dan mengatakan bahwa ia harus meninggalkan senjatanya juga, agar tak mencurigakan. James mengingatkan ke gambar berdebu di dinding dan berdiri dari kursi untuk membersihkannya. Robert Ford mengambil kesempatan, dan menembak kepala belakang James.

Jesse sering disebut-sebut sebagai "Robin Hood Barat Liar", namun tak ada bukti ia pernah membagi hasil rampokannya dari jarahannya kepada mereka yang membutuhkan. Tulisan di atas nisan Jesse James, ditulis oleh ibunya, terbaca: In Loving Memory of my Beloved Son, Murdered by a Traitor and Coward Whose Name is not Worthy to Appear Here (Dalam Kenangan Manis Bersama Putraku Tercinta, Dibunuh oleh Seorang Pengkhianat dan Pengecut yang Namanya Tak Berharga untuk Muncul di Sini).

Kelompok Jesse James[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]