Jembatan Phu My

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jembatan Phu My
Nama resmi Cầu Phú Mỹ
Mengangkut Kendaraan bermotor, sepeda, pejalan kaki
Melintasi Sungai Saigon
Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam
Pengelola Phu My Bridge Corporation (PMC)
Desainer Arcadis
Desain jembatan kabel-tetap
Bahan Beton
Panjang total 705 m (2,310 kaki)
Lebar 27 m (89 kaki)
Tinggi 140 m (460 kaki)
Rentang terpanjang 380 m (1,200 kaki)
Tiang di air 2
Ruang bawah 45 m (150 kaki)
Pembangun Baulderstone, Bilfinger Berger, Freyssinet International
Mulai dibangun Maret 2007
Dibuka 2 September 2009

Jembatan Phu My adalah jembatan kabel baru di atas Sungai Saigon di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Jembatan itu dibangun dari Maret 2007 hingga September 2009 oleh konsorsium yang terdiri dari Baulderstone, Bilfinger Berger, Freyssinet Internasional (kabel tetap dan menekankan), dan CC620 perusahaan Vietnam (beton, bekisting, dll) dan dirancang oleh konsultan Prancis Arcadis (desain jembatan utama) dan Cardno (desain dari pendekat).

Jembatan kabel ini memiliki panjang 705 meter, dengan bentang utama 380 meter dan struktur pendekatan jembatan di kedua sisi sungai, panjang masing-masing sekitar 758 m dan 638 m. Menara diubah utama berbentuk H, 145m tinggi, mendukung rentang dek 27m lebar utama. Jembatan ini memiliki enam jalur lalu lintas; dua jalur lalu lintas kendaraan di setiap arah, dan jalur sepeda motor terpisah dan footways pejalan kaki. Jembatan ini akan menghubungkan Kabupaten 2 di sisi utara sungai untuk Distrik 7 dan merupakan bagian dari jalan lingkar baru yang saat ini sedang dibangun di sekitar selatan dan timur kota Ho Chi Minh City.

Jembatan itu resmi dibuka untuk lalu lintas dalam upacara yang dihadiri oleh Perdana Menteri Vietnam, bersama dengan pejabat pemerintah Vietnam dan Australia pada tanggal 2 September 2009.

Phu My Bridge Corporation (PMC) memiliki lisensi BOT tiga puluh tahun untuk mengoperasikan jembatan yang akan menjadi bagian dari jalan tol. PMC adalah sebuah konsorsium swasta terdiri dari Hanoi Perusahaan Konstruksi, Investco, Cienco 620, Thanh Danh Co, dan CII. Proyek ini dibiayai oleh PMC secara pribadi bersama dengan jaminan kredit ekspor dari Jerman, Prancis dan Australia. Sebagai bagian dari pembiayaan hampir setengah dari pengeluaran harus kontrak di ketiga negara. Ketiga aspek proyek (infrastruktur sektor swasta, skema BOT sektor swasta, dan ekspor kredit keuangan) adalah pengalaman pertama untuk Vietnam.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]