Jeff Beck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jeff Beck
JeffBeckCrossroads2007.jpg
Jeff Beck melakukan aksi panggung pada acara Festival Gitar Crossroads 2007
Latar belakang
Genre Blues, rock, hard rock, alat musik elektronik, instrumental rock, jazz fusion
Pekerjaan Pemusik, Penulis lagu
Instrumen Gitar
Tahun aktif 1962–sekarang
Label EMI, Epic
Artis terkait The Yardbirds, The Jeff Beck Group, The Honeydrippers, Beck, Bogert & Appice, Big Town Playboys, Upp
Situs web www.jeffbeck.com
Instrumen khusus
Fender Jeff Beck Signature Model Stratocaster

Jeff Beck (lahir 24 Juni 1944) adalah gitaris rock berkebangsaan Inggris. Dia adalah salah satu dari tiga gitaris termahsyur, bersama dengan Eric Clapton dan Jimmy Page, yang bermain dalam band The Yardbirds. Beck juga membentuk The Jeff Beck Group, dan Beck, Bogert & Appice, selain karier solo yang sukses.

Jeff Beck menempati peringkat 14 dalam daftar Majalah Rolling Stone tentang "100 Gitaris Terbesar Sepanjang Masa".[1] MSNBC memanggil dia "gitarisnya gitaris" ("guitarist's guitarist")[2] dan majalah Rolling Stone menggambarkan dia sebagai "salah satu gitaris yang paling berpengaruh dalam musik rock".[3] Sebagian besar rekaman Beck adalah instrumental, dengan fokus pada suara yang inovatif dan jangkauan genre rilisnya mulai dari blues-rock, heavy metal, jazz fusion dan yang terakhir, tambahan perpaduan antara gitar rock dan electronica. Beck telah menerima pujian kritis secara luas. Ia juga telah menerima Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance lima kali. Meskipun ia telah memiliki dua album hit (tahun 1975 dan 1976) sebagai solo, Beck belum mampu melanjutkan keberhasilan komersial bersama banyak kolaborator dan teman bandnya.[2] Beck juga muncul di album oleh Kate Bush, Roger Waters, Stevie Wonder, Les Paul, Zucchero, Cyndi Lauper, Brian May dan ZZ Top. Dia juga membuat penampilan cameo dalam film Twins (1988).

Beck masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dua kali, sekali sebagai anggota The Yardbirds (1992), dan sekali sebagai artis solo (2009).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The 100 Greatest Guitarists of All Time". Rolling Stone Magazine. Diakses 27 Augustus 2003. 
  2. ^ a b "The guitarist's player". Top Ten Rock Guitarists. MSNBC. 2008. Diakses 27 Juli 2009. 
  3. ^ "Jeff Beck Biography". Rolling Stone. Diakses 1 Februari 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]