Jaringan sambung sisip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
USB kandar kilas memungkinkan transfer data antar individu tanpa menggunakan Internet.

Jaringan sambung sisip, juga disebut jaringan jalan kaki, adalah istilah informal untuk transfer informasi elektronik melalui media yang bergerak secara fisik seperti pita magnetik, cakram liuk, cakram optik, USB kandar kilas atau cakram keras eksternal antar komputer, daripada mengirimkannya melalui jaringan komputer .

Ringkasan dan latar belakang[sunting | sunting sumber]

Jaringan sambung sisip digunakan di seluruh dunia komputer. Jaringan sambung sisip dapat digunakan ketika jaringan komputer sangat mahal untuk pemeliharaan pemiliknya; di lingkungan dengan keamanan tinggi di mana inspeksi manual (untuk klasifikasi ulang informasi) diperlukan; dimana informasi perlu dibagi antar jaringan dengan tingkat izin keamanan yang berbeda; ketika transfer data tidak praktis karena keterbatasan lebar pita ; ketika sistem tertentu tidak kompatibel dengan jaringan lokal, tidak dapat dihubungkan, atau ketika dua sistem tidak berada di jaringan yang sama pada waktu yang sama. Karena jaringan sambung sisip memanfaatkan media fisik, tindakan keamanan yang digunakan untuk transfer informasi sensitif bersifat fisik.

Bentuk transfer data ini juga digunakan untuk berbagi berkas rekan ke rekan (atau teman-ke-teman ) dan semakin populer di wilayah metropolitan dan komunitas perguruan tinggi . Kemudahan sistem ini difasilitasi dengan tersedianya cakram keras eksternal USB, USB kandar kilas, dan pemutar musik portabel.[1]

Layanan Pos Amerika Serikat menawarkan layanan Media Mail untuk cakram keras, di antara item lainnya. Hal ini menyediakan moda transportasi yang layak untuk penggunaan jaringan sambung sisip jarak jauh. Faktanya, ketika mengirimkan media dengan kepadatan data yang cukup tinggi seperti kandar kelas berkapasitas tinggi, alir lewat(data yang ditransfer per unit waktu) serta biaya per unit data yang ditransfer dapat bersaing secara menguntungkan dengan metode transfer data jaringan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boutin, Paul (2002-08-26). "Sneakernet Redux: Walk Your Data". Wired News. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 19, 2009. Diakses tanggal 8 June 2010. 
  2. ^ Munroe, Randall (8 February 2013). "FedEx Bandwidth". xkcd what if?. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 8, 2013. Diakses tanggal 18 September 2019.