Jaringan jalan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
jalan tol Jagorawi sebagai bagian jaringan jalan tol di Indonesia

Jaringan Jalan adalah satu kesatuan jaringan jalan yang terdiri atas sistem jaringan primer dan sistem jaringan Jalan sekunder yang terjalin dalam hubungan hierarkis.

Sedang sistem jaringan jalan adalah satu kesatuan ruas jalan yang saling menghubungkan dan mengikat pusat-pusat pertumbuhan dengan wilayah yang berada dalam pengaruh pelayanannya dalam satu hubungan hierarkis.

Sistem jaringan jalan primer[sunting | sunting sumber]

Sistem jaringan jalan primer merupakan sistem jaringan jalan dengan peranan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk pengembangan semua wilayah di tingkat nasional, dengan menghubungkan semua simpul jasa distribusi yang berwujud pusat-pusat kegiatan.

Sistem jaringan jalan sekunder[sunting | sunting sumber]

Sistem jaringan jalan sekunder merupakan sistem jaringan jalan dengan peranan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk masyarakat di dalam kawasan perkotaan.

Pola Jaringan Jalan Kota[sunting | sunting sumber]

Kisi-kisi[sunting | sunting sumber]

Merupakan jaringan jalan berbenrtuk kisi-kisi atau grid yang merupakan jaringan jalan yang banyak dikembangkan di Amerika Utara yang mempunyai aksesibilitas yang tinggi, sehingga alternatip pilihan jalan yang dilalui banyak. Pola jaringan ini iterapkan dikota New York di Amerika Serikat, Toronto di Canada

Radial[sunting | sunting sumber]

Yaitu jaringan jalan yang berpusat pada pusat kota yang dihubungkan dengan jalan-jalan radial, biasnya cocok untuk kota kecil dan akan menjadi tidak layak untuk dikembangkan dikota-kota besar.

Ring Radial[sunting | sunting sumber]

Adalah pengembangan jaringan jalan radial dengan menambahkan ring atau jalan lingkar. Semakin besar kota dibutuhkan jaln lingkar yang lebih banyak lagi, kota Beijing di Cina sebagai memiliki 7 buah jalan lingkar. Kota Tokyo di Jepang, kota London di Inggris juga menerapkan pola Ring radial.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]