Jane Wilde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Makam Lady Wilde dan Sir William Wilde di Dublin.

Jane Francesca Elgee lahir tahun 1826 adalah ibu dari penulis ternama Oscar Wilde. Jane mendapat sorotan pertama kali ketika ia mulai menulis puisi dengan menggunakan nama samaran "Speranza" untuk "The Nation", koran mingguan Irlandia.

Pada tahun 1848 ia menjadi editor di koran tersebut. Pada tahun yang sama, saat musibah kelaparan di negara tersebut mulai memburuk dan Tahun Revolusi melanda Eropa, kantor koran mingguan dimana ibunya menulis di rusak dan harus tutup. Karya-karyanya mengobarkan pemberontakan Irlandia, ia adalah pendukung kemerdekaan Irlandia dan anti-Inggris. Ia juga dikenal sebagai Speranza of the Nation

Jane, sebagai linguis berbakat dan menguasai beberapa bahasa Eropa utama lalu menerjemahkan novel horor ghotic karya Wilhelm Meinhold yang berjudul "Sidonia Sang Penyihir", Oscar sangat menikmati karya terjemahan ini dan sedikit-banyak memengaruhi sisi gelap karya-karyanya.

Jane dikaruniai tiga anak dari pernikahannya dengan William Wilde. Anak pertama Jane, William "Willie" Charles Kingsbury, lahir pada September 26, 1852 dan anak keduanya, Oscar Fingal O'Flahertie lahir pada October 16, 1854. Anak perempuan yang sangat ia dambakan, Isola Emily Francesca, lahir pada April 2, 1857. Malangnya sepuluh tahun kemudian Emily meninggal akibat demam mendadak. Oscar yang terguncang dengan kepergian adiknya terus menerus membawa seikat rambutnya yang dibungkus dalam amplop berdekorasi sepanjang hidupnya.

Pada tahun 1864 ketika suaminya diangkat menjadi bangsawan dengan gelar Sir, namanya menjadi Lady Wilde.

Lady Wilde meninggal pada tanggal 3 Februari 1896.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]