William Wilde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
makam Sir William Wilde dan Lady Wilde di Dublin.

William Wilde lahir pada tahun 1815 adalah ayah dari penulis kenamaan asal Irlandia Oscar Wilde.

William lulus sebagai dokter pada usia 28 tahun. Ia belajar di Rumah Sakit Mata Moorfield, London. Pada usia belia tersebut ia telah menyelesaikan perjalanannya ke Madeira, Teneriffe, Afrika Utara dan ke Timur Tengah. Ia juga menerbitkan dua buku dan ditunjuk menjadi penasihat pada Sensus Irlandia pada tahun 1841. Ketika statistik medis tersebut dipublikasikan dua tahun kemudian, mereka berhasil mengumpulkan data-data yang belum pernah dikumpulkan di negara lain pada saat itu. Hasilnya, William ditunjuk menjadi Asisten Komisi pada sensus tahun 1851, dan pada dua sensus berikutnya.

Pada tahun 1864 ia dianugrahkan gelar kebangsawanan Sir oleh Ratu Victoria untuk sumbangannya pada sensus tersebut. Ketika William membuka praktik dokter spesialis mata dan telinga di Dublin, ia merasa tergugah untuk membuka jasa layanan medis bagi masyarakat miskin di kota tersebut. Pada tahun 1844, ia mendirikan Rumah Sakit Mata St. Mark, biaya pembangunan seluruhnya berasal dari uangnya sendiri.

Sebelum menikah dengan Ibu Oscar Wilde, Jane Francesca Elgee, William Wilde telah memiliki tiga anak. Henry Wilson yang lahir tahun 1838,Emily pada tahun 1847 dan Mary pada tahun 1849. William bertanggung jawab dengan membiayai seluruh anaknya. Ia membiayai sekolah Henry dan kuliah kedokterannya, dan akhirnya memerkerjakannya di RS St. Mark sebagai asisten. Namun malang bagi kedua anaknya yang lain, Mary dan Emily, yang dibesarkan oleh kakak lelaki William, keduanya meninggal dalam musibah kebakaran pada saat mereka berumur 22 dan 24.

William Wilde meninggal dunia pada 19 April 1876. Kematiannya mengakibatkan keluarga Oscar kehilangan sumber pendapatan. Henry, anak tertua William, lalu mengambil alih kewajiban membayar pajak rumah dan membiayai keluarga Oscar hingga kematiannya yang mendadak pada tahun 1877

Referensi[sunting | sunting sumber]