James Wolfensohn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wolfensohn pada tahun 2003.

James Wolfensohn (lahir di Sydney, Australia, 1 Desember 1933; umur 81 tahun) adalah Presiden Bank Dunia dari tahun 1995 hingga 2005.

Pada masa mudanya ia pernah menjadi kapten tim anggar Australia pada Olimpiade Melbourne 1956 serta anggota Angkatan Udara Kerajaan Australia. Setelah menyelesaikan pendidikan dalam bidang hukum dan humaniora dari Universitas Sydney, ia meraih gelar MBA dari Universitas Harvard pada tahun 1959.

Ia kemudian mulai bekerja di beberapa institusi perbankan di Australia sebelum dipekerjakan Schroders, sebuah bank investasi yang bermarkas di London. Dari tahun 1970 hingga 1976 ia menjadi managing director Schroders cabang New York City. Tahun 1980 ia menjadi warganegara Amerika Serikat (AS) setelah dirumorkan akan dicalonkan sebagai presiden Bank Dunia, namun ia tidak berhasil terpilih.

Ia akhirnya menjadi Presiden Bank Dunia pada tahun 1995 setelah dicalonkan Presiden AS Bill Clinton. Tahun 2000 ia terpilih lagi untuk masa bakti kedua. Setelah masa bakti keduanya selesai, Wolfensohn kini menjadi penasehat senior bagi Citigroup.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]