James Root

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James "Jim" Root
Jim Root at Mayhem Fest.jpg
Jim Root bersama Slipknot di Mayhem Festival 2008
Latar belakang
Nama lahir James Donald Root
Nama lain
  1. 4, Stuperbee, The Peach, The Jester
Lahir 2 Oktober 1971 (umur 43)
Las Vegas, Nevada, AS
Genre Heavy metal, Hard Rock
Pekerjaan Musisi, Penulis Lagu
Instrumen Guitar, Drum, Perkusi, Bass, Keyboard
Tahun aktif 1991–sekarang
Perusahaan rekaman Roadrunner Records
Artis terkait Slipknot, Stone Sour, Atomic Opera, Deadfront, John 5
Situs web www.slipknot1.com
www.stonesour.com
instagram.com/stuperbee
Instrumen khusus
Fender Telecaster Jim Root Signature
Fender Stratocaster Jim Root Signature
Fender Jazzmaster Jim Root Signature

James Donald Root (lahir di Las Vegas, Nevada, AS, 2 Februari 1971; umur 43 tahun) yang dikenal sebagai #4 yang menjadi salah satu gitaris di Slipknot dan mantan gitaris di Stone Sour. dengan tinggi badan 198 cm, menjadikannya sebagai anggota tertinggi di band.

James bergabung dengan Slipknot setelah gitaris sebelumnya Josh Brainard meninggalkan band saat rekaman album "Slipknot". sang penyanyi Corey Taylor mengajak James bergabung karena ia mengetahuinya disaat bergabung dengan Stone Sour.

Kehidupan dan Karier[sunting | sunting sumber]

James adalah gitaris di Stone Sour sebelum Corey Taylor bergabung dengan Slipknot kembali pada tahun 1997. Setelah kurang dari 2 tahun Jim meninggalkan band lainnya Deadfront untuk bergabung dengan Slipknot pada tahun 1999. Setelah Slipknot melanjutkan istirahat pada tahun 2002, Jim, bersama dengan vokalis Corey Taylor, selama kebangkitan pada tahun 2002.

Selain meminjamkan bakat gitarnya untuk Stone Sour, Root juga telah tampil pada drum pada satu lagu band yang telah direkam, bonus lagu Come What(ever) May "The Day I Let Go". Di luar Slipknot dan Stone Sour, Root telah muncul pula pada karya turntablist Slipknot Sid Wilson atau yang juga dikenal sebagai DJ Starscream pada album The New Leader dan The Devil Knows My Name milik John 5, untuk lagu "Black widow of La Porte", dan juga muncul di proyek Roadrunner United , melakukan solo dan harmoni pada gitar "Tired 'N Lonely" dari album proyek The All-Star Sessions. Dia juga muncul pada Jonathan Davis dan SFA cover untuk lagu Lil Wayne "Got Money".

James saat ini masih berpacaran dengan vokalis asal Italia Cristina Scabbia dari band Lacuna Coil sejak 2004. Hal ini terlihat pada kedua situs media sosial seperti Instagram dan Facebook. Dia saat ini memiliki sebuah rumah di Atlantic Beach, Florida.

Keluarnya Dari Stone Sour[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 17 Mei 2014, Stone Sour merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa Jim Root tidak lagi berada di band.

Dalam akun Instagramnya Jim Root menjawab salah satu pertanyaan dari fans yang bertanya apakah ia akan bermain bersama

Jim Root bermain bersama Stone Sour di 2013

Stone Sour di tur musim panas tahun ini dan ia menjawab: "Aku tidak dalam band lagi. Bukan keputusanku. Tidak gembira dengan ini."

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2007, Fender merilis Jim Root Telecaster. Sebelum kesepakatan endorsement dengan Fender, Jim pernah terlihat menggunakan gitar listrik PRS, Jackson, Charvel, dan Maverick , dan gitar akustik Guild dan Martin serta berbagai pedal efek dan amplifier. Dalam pertunjukan di tahun 2009 untuk Eurockeennes, Jim menggunakan Gibson Flying V.

Pada bulan Januari 2010, sebuah Jim Root Signature Fender Stratocaster diresmikan di situs Fender, mirip dengan yang ia telah gunakan di panggung, per Maret 2009. Pada tahun 2012, Orange mengumumkan seri signature baru Tiny Terror amp berdasarkan Rockerverb 100 mereka, amp utama Jim, disebut  #4. Kemudian, model signature Squier Telecaster dirilis, mirip dengan Fender Telecaster Jim Root signature. Model putih dilengkapi dengan pickguard hitam dan model hitam datang dengan pickguard putih. Kedua Squier memiliki neck maple dan fretboard rosewood  (22 fret). Squier Jim Root Signature tidak mengusung EMG 81 dan EMG 60, tetapi mengusung pickup covered passive humbucker (neck dan bridge).

Fender Jazzmaster Jim Root diresmikan di NAMM 2014. Gitar tersebut memiliki spesifikasi yang sama dengan Jim Root Stratocaster. Ini hanya hadir dalam warna hitam matte dengan dengan fretboard ebony.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Slipknot
  • 1999: Slipknot
  • 2001: Iowa
  • 2004: Vol. 3: (The Subliminal Verses)
  • 2005: 9.0 Live
  • 2008: All Hope Is Gone
  • 2012: Antennas to Hell
  • 2014: .5: The Gray Chapter
Stone Sour
  • 2002: Stone Sour
  • 2006: Come What(ever) May
  • 2010: Audio Secrecy
  • 2012: House of Gold and Bones Part I
  • 2013: House of Gold and Bones Part II
Lainnya

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]