Jalur tunggal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rel jalur tunggal

Jalur tunggal' atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai single track adalah jalur tunggal rel kereta api yang biasanya digunakan pada lintasan yang arus lalu lintasnya masih rendah. Oleh karena itu digunakan secara bergantian , tempat dimana kereta api berpapasan dibuat siding dimana salah satu rangkaian menunggu sebelum diijinkan untuk berjalan.

Biasanya jalur tunggal dibangun pada lintasan yang arus lalu lintas kereta api masih rendah, dan bila lalu lintas meningkat biasanya ditingkatkan menjadi jalur ganda seperti pada jalur Jakarta - Cirebon, jalur Kutuarjo - Yogyakarta - Solo

Keselamatan[sunting | sunting sumber]

Permasalahan yang sering terjadi pada jalur tunggal adalah tingginya angka kecelakaan laga kambing (head on) sehingga pengendalian penggunaan jalur tunggal ini harus dilakukan dengan suatu mekanime yang tidak bisa gagal (fail safe) dengan menggunakan sinyal yang harus dipatuhi oleh Masinis. Salah satu kejadian tabrakan kereta dengan kereta api besar yang memakan korban yang fenomenal terjadi di Bintaro yang dikenal sebagai Tragedi Bintaro beberapa dekade yang lalu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]